Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA POWERPOINT DAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII E SMPN 1 KRAGILAN

HJ NURJANAH, HJ NURJANAH (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA POWERPOINT DAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII E SMPN 1 KRAGILAN. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA POWERPOINT DAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII E SMPN 1 KRAGILAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Learning speaking and listening is a skill, learning and training emphasis on sustainable practices and continuous. Teachers in learning to speak and listen not only provides knowledge about talking and listening to the students, but the emphasis on practice and training. Learning to speak and listen delivered by teachers by way of programmed and planned activities for the sake of significance and success of achieving the goal of these activities. Learning to speak and listen through a contextual approach can improve speaking and listening skills of junior high school students. Empowering students to speak and listen more increases it can be done by integrating the material learned about talking and listening to the experiences of everyday life. Efforts to increase significantly this can be seen the results of students' speaking and listening posts on aspects of assessment: the choice of words, expression of thoughts and feelings, to do with real life, and their relationship to the theme. Teachers can guide students to ideas and feelings in speaking and listening. One alternative that teachers can do is to teach you to speak and listen to the students by using a contextual approach. With contextual approach can facilitate student teacher in the learning process. Teachers were able to bring the students to the learning content and concepts relating or relevant for the students, and give meaning to the lives of students all day

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEDIWARMAN, EDIWARMAN1966100520011211001
Thesis advisorMASRUPI, MASRUPI196310051992031009
Additional Information: Pembelajaran berbicara dan menyimak merupakan keterampilan, pembelajaran ditekankan pada praktek dan latihan yang berkesinambungan dan terus menerus. Guru dalam pembelajaran berbicara dan menyimak jangan hanya memberikan pengetahuan tentang berbicara dan menyimak kepada para siswa, tetapi ditekankan pada praktik dan latihan. Pembelajaran berbicara dan menyimak disampaikan oleh guru dengan cara terprogram dan terencana demi keberartian kegiatan dan keberhasilan mencapai tujuan kegiatan tersebut.Pembelajaran berbicara dan menyimak melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan menyimak siswa SMP. Pemberdayaan siswa untuk berbicara dan menyimak lebih meningkat ternyata bisa dilakukan dengan pemaduan antara materi yang dipelajari tentang berbicara dan menyimak dengan pengalaman keseharian. Upaya peningkatan ini secara nyata dapat dilihat hasil tulisan berbicara dan menyimak siswa dari aspek penilaian: pilihan kata, ungkapan pikiran dan perasaan, kaitannya dengan kehidupan nyata, dan hubungannya dengan tema.Guru mampu membimbing siswa untuk dapat menuangkan ide dan perasaannya dalam berbicara dan menyimak. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru adalah dengan cara mengajarkan berbicara dan menyimak kepada para siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Dengan pendekatan kontekstual guru dapat memfasilitasi siswa dalam proses pemelajaran. Guru mampu membawa siswa ke pembelajaran isi dan konsep yang berkenaan atau relevan bagi siswa, dan juga memberi makna dalam kehidupan seharian siswa
Uncontrolled Keywords: Role Playing, PowerPoint, Speaking skill and Listening skill Bermain Peran, Powerpoint, Keterampilan Berbicara, dan Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 14:21
Last Modified: 29 Mar 2022 14:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10971

Actions (login required)

View Item View Item