Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKANPENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MEDIA SLIDE GAMBAR DAN VIDEO (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sukabares Ciomas-Serang Tahun Pelajaran 2015/2016)

Gunawan, Aris (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKANPENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MEDIA SLIDE GAMBAR DAN VIDEO (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sukabares Ciomas-Serang Tahun Pelajaran 2015/2016). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

The research is been background due to the low creative thinking competency and social science learning outcomes in 4 th grade elemmentary school. The porpose of the research is knowing how to increase creative thinking competency and student learning outcomes with scientific approach method in social science learning 4 th grade elemetary school. The research method is used by qualitative method action class research with John Elliot Model. The research has 3 cyclus, in every cyclus consist of 3 actions. The instrument research is worksheet student, evaluation sheet, observation sheet, manual interview, field note, and documentation. The research carried out in SDN Sekejati 4 with 33 students. The research result is excalation of creative thinking competency and outcomes learning students in every cyclus. In this research, we got everage of students creative thinking in cyclus 1 is 35.76 with low category, in cyclus II is 52,69 with medium category and in cyclus III we have 68,73 with high category. The everage of learning outcomes is 66,15, in cyclus II is 76,56 and in cyclus III is 88,38. The conclusion of this research is by being implementation of scientific approach in social science learning for elemtary school able to excalation creative thinking competency and outcomes leaning student.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPARNO, SUPARNO195510281979031001
Thesis advisorRAHMAN H, ZERRI198003312010121002
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya dan hasil belajar siswa dan pembelajaran yang konvensional, verbal dan monoton sehingga siswa tampak pasif dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis media slide gambar dan video dalam pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukabares Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang yang berjumlah 27 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu berupa penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya direalisasikan dalam 2 tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS), lembar evaluasi, lembar observasi, lembar pedoman wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian diperoleh data penelitian berupa deskripsi aktifitas belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya, terbukti dari hasil persentase indikator keberhasilan pada siklus 1 70% dan pada siklus II 95%. Sedangkan ratarata hasil belajar siwa pada siklus I adalah 68,74 dan pada siklus II adalah 75,11. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan saintifik berbasis media slide gambar dan video dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Uncontrolled Keywords: Scientific Approach, Creative Thinking, Social Studies Elementary School Hasil Belajar Siswa, IPS Sekolah Dasar, Pendekatan Saintifik Berbasis Media Slide Gambar dan Video
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 14:09
Last Modified: 29 Mar 2022 14:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10965

Actions (login required)

View Item View Item