Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KETERAMPILAN MENGANALISIS NASKAH DRAMA SISWA DIPENGARUHI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 CIGEULIS KABUPATEN PANDEGLANG

SARASWATI, SARASWATI (2016) KETERAMPILAN MENGANALISIS NASKAH DRAMA SISWA DIPENGARUHI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 CIGEULIS KABUPATEN PANDEGLANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KETERAMPILAN MENGANALISIS NASKAH DRAMA SISWA DIPENGARUHI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Activity appreciate literature one is to analyze the play, students are required ability to analyze the elements contained in the play and the characteristics of the relationship between elements is thus found an assessment of the whole of the drama, through the understanding of the playwright can enrich and refine tact, honing pattern think critically, and develop creativity and sense of character formation. To further improve the skills necessary to analyze appropriate learning models to be successful in analyzing the activity. The model used is a model of group investigation, and combined with critical thinking skills to improve the analysis of the texts analyzed. Subjects in this study were students of class VIII SMPN 1 Cigeulis the academic year 2015/2016. This research uses experimental design with 2 X 2 factorial treatment trials using point beserial instrument. Test data analysis requirements including normality test data using Chi-Square test and homogeneity test F (Fisher). The result of the study is tcount> ttable on the degree of confidence 0,05. For the first hypothesis tcount = 3.582 and ttable = 2.101, the second hypothesis obtained tcount = 2.496 and ttable = 2.101, third hypothesis obtained tcount = 3,084 and ttable = 2.101, fourth hypothesis obtained tcount = 2.372 and ttable = 2.101, fifth hypothesis obtained tcount = 4,076 and ttable = 2.101, the sixth hypothesis obtained tcount = 7.240 and ttable = 2.101, and the seventh hypothesis obtained tcount = 9.305 and ttable = 2.101. It can be concluded that the hypothesis is accepted and the seventh significant because tcount greater than ttable.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHASANI, ACENG196708201998021003
Thesis advisorMASRUFI, MASRUFI196310051992031009
Additional Information: Kegiatan mengapresiasi sastra salah satunya adalah menganalisis naskah drama, siswa dituntut kemampuannya dalam menganalisis unsur-unsur yang terdapat dalam naskah drama dan karakteristik hubungan antarunsur tersebut sehingga ditemukan suatu penilaian utuh terhadap drama, melalui pemahaman terhadap naskah drama dapat memperkaya dan memperhalus budi bahasa, mengasah pola pikir kritis, dan mengembangkan cipta dan rasa pembentukan watak. Untuk lebih meningkatkan keterampilan menganalisis diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan menganalisis. Model yang digunakan adalah model group investigation, dan dipadukan dengan kemampuan berpikir kritis untuk meningkatkan daya analisis terhadap naskah yang dianalisis tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Cigeulis tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain perlakuan faktorial 2 X 2. Uji coba instrumen menggunakan point beserial. Uji persyaratan Analisis data meliputi uji normalitas data menggunakan uji Chi-Square dan homogenitas menggunakan uji F (Fisher). Hasil uji penelitian adalah thitung > ttabel pada derajat kepercayaan 0.05. Untuk hipotesis pertama thitung = 3,582 dan ttabel = 2,101, hipotesis kedua diperoleh thitung = 2,496 dan ttabel = 2,101, hipotesis ketiga diperoleh thitung = 3,084 dan ttabel = 2,101, hipotesis keempat diperoleh thitung = 2,372 dan ttabel = 2,101, hipotesis kelima diperoleh thitung = 4,076 dan ttabel = 2,101, hipotesis keenam diperoleh thitung = 7,240 dan ttabel = 2,101, dan hipotesis ketujuh diperoleh thitung = 9,305 dan ttabel = 2,101. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketujuh hipotesis diterima dan signifikan karena thitung lebih besar dari ttabel.
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Type Group Investigation, Critical Thinking Ability, Analyze Script Drama Skills Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Menganalisis Naskah Drama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 13:57
Last Modified: 29 Mar 2022 13:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item