Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KEMAMPUAN MENULIS CERPEN YANG DIPENGARUHI OLEH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP YUPPENTEK 4 KOTA TANGERANG

Fauzan, Ahmad (2016) KEMAMPUAN MENULIS CERPEN YANG DIPENGARUHI OLEH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP YUPPENTEK 4 KOTA TANGERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KEMAMPUAN MENULIS CERPEN YANG DIPENGARUHI OLEH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

This study used an experimental method to the design of experiments by treatment 2x2. Quantitative data obtained malalui writing ability to write short stories and motivation to learn. Analysis of data using 2-way ANOVA and processed using SPSS version 22. Results showed (1) There are differences between the two media learning. Since it was found Fhitung> Ftabel, or 8.028> 4.00. Thus, in this study there are differences between the two media learning. (2) There is a difference between the two learning motivation. Since it was found Fhitung> Ftabel, or 17.583> 4.00. Thus, in this study there is a difference between the two learning motivation. (3) There are interactions between two variables. Since it was found Fhitung> Ftabel, or 8.028> 4.00. Thus, in this study there was an interaction between media with student motivation towards writing skills. (4) There is a media influence learning and motivation on the ability to write. Since it was found thitung> ttable, or 13.240> 2.36. Thus, in this study there are significant learning media and high motivation of the ability to write. (5) There is a media influence learning and low motivation on the ability to write. Since it was found thitung> ttable, or 5.066> 2.36. Thus, in this study there are significant learning medium and low motivation on the ability to write. (6) there are significant high motivation and low motivation in students who use audio-visual media on the ability to write short stories. Since it was found thitung> ttable, or 11.246> 2.36. Thus, in this study there are significant high motivation and low motivation in students who use audio-visual media on the ability to write short stories. (7) there are significant high motivation and low motivation in students who use visual media in the ability to write short stories. Since it was found thitung> ttable, or 11.243> 2.36. Thus, in this study there are significant high motivation and low motivation in students who use audio-visual media on the ability to write short stories.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSYARIF, CHUSSAERY195212122003121001
Thesis advisorMUHYIDIN, ASEP197604072001121002
Additional Information: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain Eksperimen by treatment 2x2. Data kuantitatif diperoleh malalui kemampuan menulis cerpen dan motivasi belajar. Analisis data menggunakan ANOVA 2 jalur serta diolah menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan antara dua media pembelajaran. Karena ditemukan Fhitung > Ftabel, atau 8,028 > 4,00. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara dua media pembelajaran. (2) Terdapat perbedaan antara dua motivasi belajaran. Karena ditemukan Fhitung > Ftabel, atau 17,583 > 4,00. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara dua motivasi belajaran. (3) Terdapat interaksi antar dua variabel. Karena ditemukan Fhitung > Ftabel, atau 8,028 > 4,00. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi siswa terhadap kemampuan menulis. (4) Terdapat pengaruh media pembelajaran dan motivasi tinggi terhadap kemampuan menulis. Karena ditemukan thitung > ttabel, atau 13,240 > 2,36. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat pengaruh media pembelajaran dan motivasi tinggi terhadap kemampuan menulis. (5) Terdapat pengaruh media pembelajaran dan motivasi rendah terhadap kemampuan menulis. Karena ditemukan thitung > ttabel, atau 5,066 > 2,36. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat pengaruh media pembelajaran dan motivasi rendah terhadap kemampuan menulis. (6) terdapat pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah pada siswa yang menggunakan media audio visual terhadap kemampuan menulis cerpen. Karena ditemukan thitung > ttabel, atau 11,246 > 2,36. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah pada siswa yang menggunakan media audio visual terhadap kemampuan menulis cerpen. (7) terdapat pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah pada siswa yang menggunakan media visual terhadap kemampuan menulis cerpen. Karena ditemukan thitung > ttabel, atau 11,243 > 2,36. Sehingga, dalam penelitian ini terdapat pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah pada siswa yang menggunakan media audio visual terhadap kemampuan menulis cerpen.
Uncontrolled Keywords: Media Education, Short Story Writing Ability Media Pembelajaran, Kemampuan Menulis Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 13:24
Last Modified: 29 Mar 2022 13:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item View Item