Riaeni, Resti (2015) UPAYA PENGURUS PKBM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI TUTOR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM MELATI CILEGON – BANTEN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
UPAYA PENGURUS PKBM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI TUTOR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Para tutor yang kurang termotivasi dalam pembelajaran calistung dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang menarik dan pengalaman wawasan dalam bekerja yang kurang. Betapa pentingnya motvasi belajar peserta didik untuk mencapai pembelajaran yang baik dalam proses dan hasil pembelajaran untuk peserta didik. Maka di PKBM Melati ini sebagai salah satu penyelenggara yang bergerak untuk mengembangkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran calistung menggunakan metode yang tepat untuk para tutornya tersebut di berikan arahan dan pelatihan. Penelitian ini bermaksud mengetahui lebih lanjut bagaimana proses pembelajaran di PKBM Melati Cilegon – Banten. Hasil dari pembelajaran dan apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran keaksaraan fungsional di PKBM Melati Cilegon – Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penelitian ini dilakukan di PKBM Melati yang beralamat di Jl. Jeruk nipis Link.Cipaut Kel.Bulakan Kec. Cibeber KotaCilegon – Banten. Proses pembelajaran keaksaraan fungsional di PKBM Melati ini tidak jauh berbeda dengan PKBM lainnya yaitu belajar dikelas dan mata pelajaranya pun hampir sama, hanya di PKBM Melati ini menggunakan metode belajar calistung yang berbeda merupakan cara belajar yang sangat penting dan mudah bagi peserta didik dapat lebih kreatif, inovatif dan bebas berekspresi. Beberapa faktor penghambat dalam proses pembelajaraan keaksaraan fungsional adalah minat belajar peserta didik, lingkungan kelas, dan emosi peserta didik, adapun faktor pendukungnya ialah media pembelajaran sebagai alat pembelajaran penunjang agar peserta didik lebih termotivasi, tutor sebagai memandu kegiatan pembelajaran dengan cara metode pembelajaran yang menarik, dan kemampuan peserta didik apabila peserta didik mempunya keinginan maka akan mempunya kemampuan untuk mencapainya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2022 13:18 | |||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2022 09:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10948 |
Actions (login required)
View Item |