Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI KURSUS MENJAHIT PADA PESERTA KURSUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ”HANDAYANI” KEC.MUNJUL KAB.PANDEGLANG

YUSUP, LHURY M.AGINI (2015) UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI KURSUS MENJAHIT PADA PESERTA KURSUS DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ”HANDAYANI” KEC.MUNJUL KAB.PANDEGLANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI KURSUS MENJAHIT PADA PESERTA KURSUS DI PUSAT KEGI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui (1)Upaya menumbuhkan minat berwirausaha melalui kursus menjahit pada peserta kursus dipusat kegiatan belajar masyarkat (PKBM) “Handayani” Kecamatan Munjul kabupaten pandeglang (2) Hasildariupaya menumbuhkan minat berwirausaha melalui kursus menjahit pada peserta kursus dipusat kegiatan belajar masyarkat (PKBM) “Handayani” Kecamatan Munjul kabupaten pandeglang (3) Kendala-kendala yang dihadapidalam upaya menumbuhkan minat berwirausahamelalui kursus menjahit pada peserta kursus kursus menjahitdipusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) “Handayani”Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan kualitatif, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, sumber data penelitian ini yaitu pengelola dan peserta kursus yang ada di pusat kegiatan belajar masyarakat di Kecamatan Munjul, Pandeglang. Berdasarkan hasil penelitian dapat beberapa kesimpulan diantaranya mengenai (1) Upaya menumbuhkan minat berwirausaha melalui kursus menjahit pada peserta kursus. Upaya yang dilakukan PKBM Handayani dalam menumbuhkan minat berwirausaha melalui kursus menjahit kepada peserta kursus sudah sangat baik, pengelola PKBM selalu memberikan berbagai macam upaya untuk dapat menumbuhkan minat berwirausaha melalui kursus menjahit, misalnya dengan mengadakan lomba menjahit, memberika pengarahan tentang berwirausaha, mengadakan sosialisasi berwirausaha, mengadakan lomba-lomba menjahit yang lain agar peserta kursus tidak merasa bosan. Meskipun demikian tetap saja tidak dapat menumbuhkan minat berwirausaha (2) Hasildariupaya menumbuhkan minat berwirausaha melalui kursus menjahit pada peserta kursus. Sangat positif, peserta kursus bisa mengetahui cara-cara menjahit yang benar dan juga mempunyai keahlian menjahit setelah selesai mengikuti kursus, peserta kursus juga bisa membuka usaha menjahit dan pendapatan mereka meningkat setelah membuka usaha menjahit (3) Kendala-kendala yang dihadapidalam upaya menumbuhkan minat berwirausahamelalui kursus menjahit pada peserta kursus. Sarana dan prasarana yang ada di PKBM Handayani belum cukup memadai, seperti ruangan menjahit kurang memadai, mesin jahit kurang, dan kelengkapan menjahit tidak lengkap, kantor dan tempat atau lokasi PKBM Handayani tidak strategis karena letak nya jauh dari puast kecamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031003
Thesis advisorSudadio, Sudadio196204111982011001
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 13:12
Last Modified: 12 Apr 2022 09:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item