Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PELATIHAN MENJAHIT PADA LKP KREASI BUSANA DI KEC. CITANGKIL KOTA CILEGON

Ramadhan, Ridho (2015) UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PELATIHAN MENJAHIT PADA LKP KREASI BUSANA DI KEC. CITANGKIL KOTA CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PELATIHAN MENJAHIT PADA LKP KREASI BUSANA DI KEC. .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa dalam era globalisasi mendorong persaingan yang sangat ketat, persaingan yang semakin ketat telah mendorong pendidikan membuat sebuah trobosan dalam mengembangkan sumber daya manusia sebagai kunci keterampilan dalam meningkatkan daya saing dengan menggunakan program peltihan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelatihan menjahit dapat meningkatkan Pengembangan sumber daya manusia, apakah pelatihan menjahit dapat meningkatkan kesejahteraan pada sumber daya manusia dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelatihan menjahit di LKP Kreasi Busana Kec. Ciwandan Kota Cilegon. Tujuan penelitian deskriptif ini adalah untuk mengetahui proses Pelatihan menjahit dapat meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di LKP Kreasi Busana Kec. Ciwandan Kota Cilegon, untuk mengetahui pelatihan menjahit dapat meningkatkan kesejahteraan pada sumber daya manusia, dan untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dari pelatihan menjahit di Lembaga Kursus Pelatihan Kreasi Busana Kec. Ciwandan Kota Cilegon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Menjahit. Dalam penelitian ini dengan penelitian kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1) observasi; (2) wawancara; (3) dan dokumentasi. Langkah-langkah pengumpulan data yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir (member check). Adapun teknik pengolahan dan analsis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data, tahap verifikasi, dan validitas data. Hasil penelitian yang diperoleh melalui pedoman wawancara dan observasi bahwa upaya pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan menjahit sudah bisa berjalan dengan baik dengan menggunakan tahapan pelaksanaan meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam perencanaan meliputi identifikasi kebutahan, tujuan, menentukan instruktur, pembuatan program, sosialisasi, perekrutan peserta,pembuatan buku pedoman. Setelah peserta mengikuti pelatihan benyak dari mereka yang sudah memiliki pekerjaan dan secara langsung tingkat kesejahteraan perekonomian mereka juga mengalami peningkatan. Sedangkan untuk faktor pendukung meliputi, instruktur yang berpengalaman, sarana dan prasarana yang menunjang, memiliki mitra kerja. Untuk faktor penghambat meliputi pembelajaran, kurangnya modal usaha bagi lulusan, biaya takterduga.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudadio, Sudadio196204111982011001
Thesis advisorHaila, Hidayatullah197609262005011003
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 12:13
Last Modified: 12 Apr 2022 09:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10940

Actions (login required)

View Item View Item