Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI DIDIK PADA CERITA RAKYAT PRASASTI BATU TULIS MUNJUL SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA

MIFTAHUL IMAN, YAYAN (2016) KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI DIDIK PADA CERITA RAKYAT PRASASTI BATU TULIS MUNJUL SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI DIDIK PADA CERITA RAKYAT PRASASTI BATU TULIS MUNJUL SEBAGAI BAHAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This study aims to determine the structure and value of children contained in folklore Slate Inscription Munjul and its application as learning materials Appreciation of Literature. The method used is the method of qualitative descriptive. Analysis of the story using the techniques of content analysis (content analysis) and the work step analysis using the theory of Philip Mayaring. The research data was collected through documents and validation techniques used is triangulation of data and sources, methods and theories. While the analytical techniques used are the structural analysis. The themes contained in folklore Munjul Slate Inscription This is about the struggle of a king in the fight against pirates Purnawarman Sea. The main character is depicted in this story is king Purnawarman, then the type of groove used, using advanced flow. Background contained in this story is in the waters of Java and Ciliman River, Outskirts Kampung Sungai Lebak Munjul Cidanghiyang precisely, and the mandate contained in this story about a trait that vanity is defeated by good. In addition, based on the analysis of educational value shows that in the story there is some educational value of them, moral values, such as tolerance, manners, merciful and gracious, traditional values reflected in the customs of the people around one berhuma, religious values that attitude obedient and mutual respect among others, the historical value of the events of war in the waters of the Java Sea and the value of heroism that is the attitude of courage to sacrifice for the sake of defending the homeland, and based on research results, the story can be used as a learning material appreciation of literature.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEDIWARMAN, EDIWARMAN1966100520011211001
Thesis advisorSUHERMAN, SUHERMAN195902141985031003
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stuktur dan nilai didik yang terdapat pada cerita rakyat Prasasti Batu Tulis Munjul serta penerapannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Metode yang digunakan adalah metode deskirptif kualitatif. Analisis cerita menggunkan teknik analisis isi (content analysis) dan langkah kerja analisis menggunakan teori Philip Mayaring. Data penelitian ini dikumpulkan melalui dokumen dan teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi data dan sumber, metode dan teori. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis strukturalisme. Adapun tema yang terkandung dalam cerita rakyat Prasasti Batu Tulis Munjul ini adalah tentang perjuangan seorang Raja Purnawarman dalam memerangi Perompak Laut. Tokoh utama yang tergambar pada cerita ini adalah Raja Purnawarman, kemudian jenis alur yang digunakan, menggunakan alur maju. Latar yang terdapat pada cerita ini adalah di Perairan Jawa dan Sungai Ciliman, Pinggiran Sungai Cidanghiyang tepatnya Kampung Lebak Munjul, dan amanat yang tertuang dalam cerita ini yakni tentang sebuah sifat kesombongan yang dikalahkan oleh kebaikan. Selain itu, berdasarkan hasil analisis nilai pendidikan menjunkan bahwa dalam cerita tersebut terdapat beberapa nilai pendidikan diantaranya, nilai moral, berupa sikap toleransi, sopan santun, penyayang dan ramah, nilai adat yang tercermin dari kebiasaan masyarakat sekitar salah satunya berhuma, nilai religi yakni sikap taat dan saling menghargai antar sesama, nilai sejarah terjadinya peristiwa peperangan di Perairan Laut Jawa dan nilai kepahlawanan yaitu sikap berani berkorban demi membela tanah air, dan berdasarkan hasil penelitian, cerita tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra
Uncontrolled Keywords: structure, values education, folklore Slate Inscription, learning materials Strukturalisme, nilai pendidikan, cerita rakyat Prasasti Batu Tulis, bahan pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 11:43
Last Modified: 29 Mar 2022 11:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10930

Actions (login required)

View Item View Item