Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI WARDAH VERSI “20 TAHUN WARDAH” (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce)

OKTAVIANI, YANI and Kania, Rd. Nia and Prasetya, Teguh Iman (2018) CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI WARDAH VERSI “20 TAHUN WARDAH” (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (YANI OKTAVIANI 6662131440)
YANI OKTAVIANI-CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI WARDAH VERSI - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yani Oktaviani. NIM. 6662131440. Citra Perempuan dalam Iklan Televisi Wardah versi “20 Tahun Wardah” (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce). Pembimbing I Dr. Rd. Nia Kania, S.IP., M.Si dan Pembimbing II Teguh Iman Prasetya, SE, M.Si Sebagian besar ide dalam iklan televisi diangkat berdasarkan realitas masyarakat yang ada. Pencitraan perempuan dalam iklan televisi khususnya, masih mengacu kepada stereotip tertentu berdasarkan konstruksi sosial terkait perempuan seperti peran dan wilayahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi perempuan dalam iklan televisi Wardah versi “20 Tahun Wardah” melalui aspek visual dan lirik lagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce khususnya Triangle of Meaning yang terdiri dari Sign, Object, dan Interpretant. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dan mengacu kepada paradigma konstruktivis dimana teori-teori aliran ini berlandaskan pada ide bahwa realitas bukanlah bentukan yang objektif, tetapi dikonstruksi melalui proses interaksi dalam kelompok, masyarakat, dan budaya. Dalam iklan ini, dapat dikategorikan menjadi tiga citra perempuan yaitu diantaranya citra pilar, citra pigura, dan citra pergaulan. Dan terkesan bertolak belakang dengan citra peraduan yang mengasumsikan perempuan dalam iklan sebagai objek pemuasan lelaki karena keindahannya. Kesimpulanya, perempuan dicitrakan sebagai perempuan yang siap dan berani meghadapi tantangan baru, mandiri dan berani menggapai mimpi, memiliki peran penting dalam iklan dan tidak melulu sebagai objek karena keindahannya, perempuan dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan kaum lelaki, berbudi pekerti, santun dan ramah kepada orang yang lebih tua, sebagai makhluk sosial yang dapat membangun hubungan sosial tanpa melihat perbedaan usia dan nilai yang dianut, tetapi masih tetap menggambarkan peran dan wilayah tradisional perempuan seperti memasak, mengurus anak, serta menggambarkan feminitas perempuan seperti mengurus keindahan fisik dan aktivitas berbelanja. Kata Kunci: Citra, Perempuan, Iklan Televisi, Semiotika, Wardah.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Yani Oktaviani. NIM. 6662131440. Image of Women in Wardah Ad version of “20 Tahun Wardah” (semiotic analysis of Charles Sanders Peirce). Dr. Rd. Nia Kania, S.IP; Teguh Iman Prasetya, SE, M.Si Most of the ideas in television ads are raised based on the reality of existing society. Especially, images of women in television ads, still refers to certain stereotypes based on social construction related to women such as their roles and territory. The purpose of this research is to find out how the representation of women in Wardah television ad version of "20 Tahun Wardah" through visual aspect and song lyric. This research used Charles Sanders Peirce semiotic, especially Triangle of Meaning which consisting of Sign, Object, and Interpretant. This research used qualitative as the method, and referring to the constructivist paradigm in which the flow theories are based on the idea that reality is not an objective formation, but is constructed through the process of interaction within groups, society, and culture. In this ad, images of women categorized into three images, there were image of pilar, image of pigura, and image of pergaulan. And impressed contrary to the image of peraduan which assumed that women in ad as the muse of men’s satisfaction because of their beaty. The conclusion, women are imaged as women who are ready and courageous to face new challenges, independent and dare to reach the dreams, have an important role in ads and not merely as objects because of their beauty, women can do the things that are commonly what the men do, polite and friendly to the elderly, as social beings who can build social relationships regardless of age differences and values adopted, but still describe the traditional roles and regions of women such as cooking, caring for children, and portraying women's feminity as taking care of the physical beauty and shopping activities. Keywords: Image, Women, Televison Ads, Semiotic, Wardah.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:52
Last Modified: 06 Nov 2018 03:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item