Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

INDUKSI KALUS TANAMAN STEVIA (Stevia rebaudiana) TERHADAP PERBEDAAN JENIS AUKSIN DAN KONSENTRASI MEDIA MS (MURASHIGE & SKOOG) SECARA IN VITRO

LESTARI, TIFFANY (2016) INDUKSI KALUS TANAMAN STEVIA (Stevia rebaudiana) TERHADAP PERBEDAAN JENIS AUKSIN DAN KONSENTRASI MEDIA MS (MURASHIGE & SKOOG) SECARA IN VITRO. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
TERHADAP PERBEDAAN JENIS AUKSIN DAN KONSENTRASI MEDIA MS (MURASHIGE & SKOOG) SECARA IN VITRO.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Stevia usually produced by conventional methode as cultivated by seeds or stem cutting, which have problems like poor harvesting and plant didn’t growth together. In vitro are proved as methode for producing stevia in many stock at short time especially callus induction. The aimed of this research was to study the Effect of Varian Type of Auxin and Concentrations Medium MS of Stevia plant (Stevia rebaudiana) for Callus Induction. The research used completely randomized design two factors with 4 replications and used stevia’s leaf as explant. The first were variation type of auxin like 2,4-D, NAA and IAA and second factor were concentrations of medium MS thereare 1/2 MS, 1 MS, 1 ½ MS. The Results showed that combination of 2,4-D and 1 MS exhibited better for callus induction at 17,75 days cultured and diameter of callus after 4 weeks but didn’t work in the next week. In this study, green yellowish and friable callus as dominated color and texture. Explant gave 75 % callusing explant and 0% at contamination and browning callus.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyabana, Moh. Ana198206072006041003
Thesis advisorRohmawati, Imas198105122006042004
Additional Information: Stevia adalah salah satu tanaman herba yang berasal dari perbatasan Brazil, Paraguay, dan Argentina (Amerika Selatan). Tanaman stevia terkenal sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan baku gula (pemanis) yang bersifat alami karena mengandung steviosida, rebaudiosida A, B, C dan dulkosida yang tidak mengandung toksik, racun, bukan senyawa karsinogenik dan rendah kalori. Perbanyakan stevia terkendala pada metodenya yang menghasilkan benih secara konvensional dengan tingkat keberhasilan yang rendah, sehingga perbanyakan dengan teknik kultur jaringan menjadi metode lain yang bisa menghasilkan tanaman stevia secara cepat, seragam dan menghasilkan bibit unggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui induksi kalus tanaman stevia terhadap perbedaan beberapa jenis auksin dan variasi konsentrasi media MS (Murashige & Skoog) secara in vitro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan lokasi penelitian di Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Waktu penelitian dilakukan bulan Maret 2016 hingga Mei 2016 dengan rancangan acak lengkap faktorial. Faktor pertama adalah berbagai jenis auksin dan faktor kedua konsentrasi media MS dengan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian diketahui tedapat interaksi yang berpengaruh nyata pada waktu muncul kalus yaitu 17,75 HST dan diameter kalus minggu ke-4 yaitu 0,68 cm dengan perlakuan kombinasi T1P2. Faktor pertama berpengaruh terhadap respons waktu muncul kalus sebesar 18,91 HST dan diameter kalus minggu ke-4, ke-5 dan ke-6 yaitu 0,63 cm, 0,75 cm dan 1,00 cm. Sedangkan faktor kedua berpengaruh pada waktu muncul kalus yaitu 20,08 HST dan diameter kalus minggu ke-4 yaitu 0,41 cm. Warna yang dihasilkan dimulai dari hijau pucat, hijau kekuningan hingga hijau dan tekstur yang dihasilkan sebagian besar cenderung remah dan sisanya remah. Presentase kalus terbentuk hanya 75% karena adanya stagnasi, dan presentase eksplan terkontaminasi atau browning sebesar 0%.
Uncontrolled Keywords: stevia, callus induction, auxin, medium MS, In Vitro
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54211-Program Studi Agroekoteknologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 11:30
Last Modified: 29 Mar 2022 11:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10926

Actions (login required)

View Item View Item