Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KESALAHAN DIKSI DAN SEMANTIK PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 3 BAYAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nuryati, Leni (2014) ANALISIS KESALAHAN DIKSI DAN SEMANTIK PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 3 BAYAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN DIKSI DAN SEMANTI PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 3 BAYAH TAHUN .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research aims to determine the semantic errors in diction and narrative essay 8 th grade students at SMPN 3 Bayah. Method used is qualitative content analysis techniques the data. Use of diction and semantic errors found is still in existence diction narrative essay students who create their own language, diction inefficiency in writing that many conduct waste and inaccuracy use connotation and denotation that produced less precise meaning. The results obtained by the outhor are often used students write uncertain, frequent errors in write, diction used by student oftent are not standard standard inefficient, and not right, and sentence structure used Indonesian students also often do not conform with structure Indonesian sentence right.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng19570820199821003
Thesis advisorEDiwarman, EDiwarman196610052001121001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan diksi dan semantik dalam karangan narasi siswa kelas 8 di SMPN 3 Bayah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis isi (content analisys) yaitu dengan mengumpulkan data, penganalisisan data, dan penginterpretasian data. Kesalahan penggunaan diksi dan semantik yang ditemukan adalah masih adanya ketidakbakuan diksi dalam karangan narasi siswa yang menciptakan Bahasa sendiri, ketidakefisienan diksi dalam tulisan yang banyak melakukan pemborosan dan ketidaktepatan kata, ketidaktepatan penggunaan ungkapan konotasi/denotasi sehingga makna yang dihasilkan kurang tepat. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah penulisan yang digunakan siswa belum tepat, sering terjadi kesalahan/ kekeliruan salam penulisan, diksi yang digunakan siswa sering terdapat tidak baku, tidak efisien, tidak tepat, dan struktur kalimat Bahasa Indonesia yang digunakan siswa juga sering tidak sesuai dengan struktur kalimat Bahasa Indonesia yang tepat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 11:30
Last Modified: 29 Mar 2022 11:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item View Item