Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL IKHLAS KRAMATWATU SERANG

ASMAYAWATI, ASMAYAWATI (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL IKHLAS KRAMATWATU SERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATK.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The research objective is to: (1) Determine the design of contextual learning with media card numbers in improving numeracy skills of children aged 5-6 years in RA Nurul Ikhlas Kramatwatu Serang. (2) Determine the implementation of the card game figures to improve numeracy skills of children aged 5-6 years in RA Nurul Ikhlas Kramatwatu Serang. (3) Knowing the characteristics of the cognitive numeracy skills, especially in children aged 5-6 years through the implementation of contextual learning model. (4) Knowing the process of improvement of numeracy skills of children aged 5-6 years after the implementation of contextual learning model with the use of the media card numbers in RA Nurul Ikhlas Kramatwatu Serang.Subjek research is children aged 5-6 years were 17 children, consisting of nine women and 8 men. Location of the study in RA Nurul Ikhlas Comp. Pegadingan Permai Kramatwatu Serang. When the study began on June 6th until July 11th 2016. The research methodology uses classroom action research model of John Elliot includes four stages: planning, action, observation and reflection. This study was conducted over three siklus.Hasil study showed improved cognitive ability of children to count 1-20, can pair emblem numbers with objects, and can match the numbers. This can be demonstrated in the achievement of numeracy for the first cycle reached 56.8% in cycle II reached 68.5%, and the third cycle reached 81.5% .Temuan findings from the first cycle to the third cycle is the need for creativity and innovation teachers in learning to the learning objectives can be achieved, the need for the use of media in learning, especially learning cognitive learning activities more attractive so that the interests of children, encourage children to make an agreement on the rules of play card numbers, and the need for cooperation in the activities of the study groups. It can be concluded that the use of the media card numbers with contextual learning can improve a child's ability to count in group B in RA Nurul Ikhlas Kramatwatu Serang.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUHERMAN, SUHERMAN195902141985031003
Thesis advisorASMAWATI, LULUK197306072008122001
Additional Information: Tujuan penelitian adalah untuk: (1)Mengetahui desain pembelajaran kontekstual dengan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Ikhlas Kramatwatu Serang. (2) Mengetahui pelaksanaan permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun (3)Mengetahui karakteristik kemampuan berhitung kognitif khususnya pada anak usia 5-6 tahun melalui implementasi model pembelajaran kontekstual. (4)Mengetahui proses terjadinya peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun setelah implementasi model pembelajaran kontekstual dengan pemanfaatan media kartu angka. Subjek penelitan adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 17 anak, terdiri dari 9 perempuan dan 8 laki-laki. Lokasi penelitian di RA Nurul Ikhlas Komp. Pegadingan Permai Kramatwatu Serang. Waktu penelitian dimulai tanggal 6 Juni sampai dengan 11 Juli tahun 2016. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model John Elliot meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif anak dalam membilang 1-20, dapat memasangkan lambang bilangan dengan benda, dan dapat mencocokkan bilangan. Hal ini dapat ditunjukkan pada pencapaian kemampuan berhitung untuk siklus I mencapai 56,8%, pada siklus II mencapai 68,5%, dan pada siklus III mencapai 81,5%.Temuan-temuan dari siklus I sampai siklus III adalah perlunya kreatifitas dan inovasi guru dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, perlunya penggunaan media dalam pembelajaran khususnya pembelajaran kognitif sehingga kegiatan belajar lebih menarik minat anak, mengajak anak membuat suatu kesepakatan dalam aturan bermain kartu angka, dan perlunya kerja sama dalam kegiatan kelompok belajar. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kartu angka dengan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok B dalam berhitung di RA Nurul Ikhlas Kramatwatu Serang.
Uncontrolled Keywords: Contextual Learning, Media Card Numbers, arithmetic ability Pembelajaran Kontekstual, Media Kartu Angka, Kemampuan berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 11:07
Last Modified: 29 Mar 2022 11:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item