Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada kelas IV di SDN Warakas 2)

RIARATRI, LYTA EFRIA (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada kelas IV di SDN Warakas 2). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA D.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This research is motivated by the lack student learning outcomes in the Elementary Scohool fourth grade Warakas 2 in social studies. This study tends to use the lecture methods andthe low activity student so that student learning outcomes are low. The purpose of this research is to increase student activity and student learning outcomes using the method guess the word. This study used a Classroom ction Research (CAR), which was conducted in March to Agustus, as many as 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The stages in this research that the palnning, implementation, observation, andreflection. Based of the research that has been carried out, showing that the pre-cycle student learning outcomes seen from the results of the daily tests the average value reached 60,60 comprised of students do not pass the study reached 73% and the students thoroughly learn reached 27% of number of 33 student. In the first cycle tests of learning outcomes at an average of 60,60 with a student does not achieve 64% complete and thorought student reaches 36%. Than there was an in crease in the second cycle of learning outcomes seen an average of 84,84 students achieve mastery criterion reaches 94%. Based on the results of the study concluded that the a method guess the word can increase the activity of students and learning outcomes in social studies material natural features and socio-cultural diversity.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisna, Denny195907281985111001
Thesis advisorNurhasanah, Ana197410182006042009
Additional Information: Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Warakas 2 pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah yang tidak di variasikan dengan metode yang lainnya dan rendahnya aktivitassiswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tebak kata. penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai Agustus, sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, menunjukan bahwa pada pra siklus hasil belajar siswa di lihat dari ahsil ulangan harian nilai rata-rata mencapai 60,60, terdiri dari siswa tidak tuntas belajar mencapai 73% dan siswa tuntas belajar mencapai 27% dari jumlah 33 siswa. Pada siklus I tes hasil belajar meencapai 60,60 dengan siswa yang tidak tuntas mencapai 64% dan siswa tuntas belajar mencapai 36%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II terlihat hasil belajar rata-rata siswa mencapai 84,84 kriteria ketuntasan mencapai 94%. Berdasarkan hasil penelitin dapat disimpulkan bahwa metode Tebak Kata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Metode Tebak Kata, Siswa kelas IV Learning Outcomes sosial studies, method guess the word, Grade IV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 10:26
Last Modified: 29 Mar 2022 10:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10900

Actions (login required)

View Item View Item