Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Dalam Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry di Pelabuhan Merak Banten

Firdaus, Agus Kurniawan and Widyastuti, Yeni and Nugroho, Kandung Sapto (2012) Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Dalam Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry di Pelabuhan Merak Banten. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skrpsi ANE (B))
Skripsi_Agus_Kurniawan_Firdaus.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Agus Kurniawan Firdaus.NIM.072682. Skripsi. Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Dalam Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry Di Pelabuhan Merak Banten. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2012 Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry Merak Transportasi umum diera saat ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap masyarakat dalam menunjang segala aktivitas maupun rutinitasnya sehari-hari.PT ASDP Indonesia Ferry Persero sebagai penyelenggara penyebrangan sangatlah berperan penting dalam menyelenggarakan transportasi publik yang layak di negara ini.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar tingkat kepuasan pengguna jasa atau penumpang dalam pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry di Pelabuhan Merak.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang di Pelabuhan Merak.Hipotesis dalam penelitian ini yaitu tingkat kepuasan pengguna jasa dalam pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry Merak ≤ 60%.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif.Sampel dalam penelitian ini adalah penumpang kapal Jatra dan menggunakan teknik incidental sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara.Kemudian mengedarkan angket kepuasan pengguna jasa dengan sampel sebanyak 147 orang.Teknik pengujian data menggunakan uji hipotesis t-test.Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna jasa dalam pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry Merak menunjukan nilai sebesar 72%, sehingga dapat diketahui bahwa kepuasan penumpang di pelabuhan Merak tergolong dalam kategori baik. Karena PT ASDP Indonesia Ferry Merak mampu memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh penumpang dan penumpang merasa nyaman dengan pelayanan tersebut.Saran peneliti dalam hal ini PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak harus menambah jumlah kapal dan menambah areal parkir di luar Pelabuhan Merak.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Agus Kurniawan Firdaus.NIM.072682.Thesis.Customer Statisfaction Services In PT ASDP Indonesia Ferry Service In Merak Port. Public Administration Studies Program. Faculty of Social and Political Sciences. Sultan Ageng Tirtayasa University. 2012 Keywords: Level of Satisfaction, Service PT ASDP Indonesia Ferry Merak Public transport in the current era is a very important need for every community to support all activities and daily routine.PT ASDP Indonesia Ferry Corporation as the operator of the crossing is very instrumental in organizing a decent public transportation in this country.Formulation of the problem in this research that the extent of satisfaction of service users or passengers in the service of PT ASDP Indonesia Ferry in the port of Merak.This study aims to measure the level of passenger satisfaction in the port of Merak. The hypothesis in this research that the level of service user satisfaction in the service of PT ASDP Indonesia Ferry Merak ≤ 60 percent. Descriptive study was conducted using quantitive methods. Respondents in this study were all passenger ships Jatra and using incidental sampling. Data collection techniques in the study conducted by interview. Then distribute to the service user satisfaction questionnaire with a sample of 147. Data examined by using t-test hypothesis test. The result proved that the level of service user satisfaction in the service of PT ASDP Indonesia Ferry Merak shows a value of 72 percent, so that it can be seen that the satisfaction of passengers at the port of Merak fall into either category. Because PT ASDP Indonesia Ferry Merak is able to meet the needs required by the passengers and the passengers are comfortable with the service. Advice researchers in this PT ASDP Indonesia Ferry Merak should increase the number of vessels and increase the parking area outside the port of Merak.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 28 Dec 2012 18:05
Last Modified: 13 May 2013 06:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item