Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN MINAT MEMBACA CERITA ANAK DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VI SD GUGUS VI KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG

Hasanah, Neneng (2016) HUBUNGAN MINAT MEMBACA CERITA ANAK DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VI SD GUGUS VI KECAMATAN CIRUAS KABUPATEN SERANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HUBUNGAN MINAT MEMBACA CERITA ANAK DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

The research aims to determine 1) whether there is a relationship between reading interest stories of children with speaking skills, 2) the relationship between vocabulary by speaking skills, 3) the relationship between interest in reading children's stories and vocabulary together with the skills of speaking, 4) relations Among children's reading interest stories high and vocabulary together with the skills of speaking, 5) the relationship between the child's reading interest. stories is low and vocabulary together with speaking skills. This study was conducted in the District VI group Ciruas (SDN Beberan 1, SDN Beberan 2, and SDN Pulo 2) from November to December 2015. In this study using survey methods and correlational techniques. The population in this study involved students of class VI SDN VI (SDN Beberan 1, SDN Beberan 2, and SDN Pulo 2). Samples of this study was 35 taken randomly instruments for data collection in this study was a questionnaire student reading interest, vocabulary tests, and test speaking skills. Data analysis technique used was the statistical technique of regression and simple correlation and multiple correlation. The results showed that: 1) there is a positive relationship between children's reading interest stories (X1) with the students' speaking skills (Y) with correlations obtained rhitung 0398> rtabel 0.324. 2) there is a positive correlation between vocabulary (X2) with students' speaking skills (Y) with correlations obtained rhitung 0706> rtabel 0.324. 3) there is a positive relationship between children's reading interest stories (X1) together with vocabulary (X2) with students' speaking skills (Y) with correlations obtained rhitung 0799> rtabel 0.324. 4) there is a positive relationship between the child's reading interest stories high (X1) together with vocabulary (X2) with students' speaking skills (Y) with correlations obtained rhitung 0756> rtabel 0.324. 5) there is a positive relationship between reading intereststories of children is low (X1) together with vocabulary (X2) with students' speaking skills (Y) with correlations obtained rhitung 0840> rtabel 0.324. The implications of this research indicate that students' speaking skills can be influenced by a child's reading interest kids story and mastery of vocabulary

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHASANI, ACENG196708201998021003
Thesis advisorMASRUPI, MASRUPI196310051992031009
Additional Information: Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) ada tidaknya hubungan antara minat membaca cerita anak dengan keterampilan berbicara, 2) hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara, 3) hubungan antara minat membaca cerita anak dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan keterampilan berbicara, 4) hubungan antara minat membaca cerita anak yang tinggi dan penguasaan kosakata secara bersamasama dengan keterampilan berbicara, 5) hubungan antara minat membaca cerita anak yang rendah dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilaksanakan di gugus VI Kecamatan Ciruas (SDN Beberan 1, SDN Beberan 2, dan SDN Pulo 2) dari bulan November sampai dengan bulan Desember 2015. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas VI SDN VI (SDN Beberan 1, SDN Beberan 2, dan SDN Pulo 2). Sampel dari penelitian ini adalah 35 yang diambil secara acak (sample randong smaping) instrumen untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner minat membaca siswa, tes penguasaan kosakata, dan tes keterampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara minat membaca cerita anak (X1) dengan keterampilan berbicara siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.398> rtabel 0,324. 2) terdapat hubungan positif antara penguasaan kosakata (X2) dengan keterampilan berbicara siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.706> rtabel 0,324. 3) terdapat hubungan positif antara minat membaca cerita anak (X1) bersama-sama dengan penguasaan kosakata (X2) dengan keterampilan berbicara siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.799> rtabel 0,324. 4) terdapat hubungan positif antara minat membaca cerita anak yang tinggi (X1) bersama-sama dengan penguasaan kosakata (X2) dengan keterampilan berbicara siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.756> rtabel 0,324. 5) terdapat hubungan positif antara minat membaca cerita anak yang rendah (X1) bersama-sama dengan penguasaan kosakata (X2) dengan keterampilan berbicara siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.840> rtabel 0,324. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat dipengaruhi oleh minat membaca serita anak siswa dan penguasaan kosakata
Uncontrolled Keywords: Reading interest, Kids Stories, Vocabulary, Speaking skill Minat Membaca, Cerita Anak, Kosakata, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 10:11
Last Modified: 29 Mar 2022 10:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10893

Actions (login required)

View Item View Item