Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PELATIHAN KERJA DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOTA SERANG DITINJAU MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN JUNTO PP NO. 31 TAHUN 2006 TENTANG SISTEM PELATIHAN KERJA NASIONAL

NUGRAHA, ODY FADLI (2015) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PELATIHAN KERJA DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOTA SERANG DITINJAU MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN JUNTO PP NO. 31 TAHUN 2006 TENTANG SISTEM PELATIHAN KERJA NASIONAL. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PELATIHAN KERJA DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOTA SER.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Minimnya kualitas SDM bisa juga karena dipengaruhi fakta-fakta bahwa mayoritas tenaga kerja Indonesia merupakan lulusan dari pendidikan dasar yang berefek pada lemahnya angkatan-angkatan kerja secara ekonomi dan kelangkaannya lapangan kerja. Maka dari itu penelitian ini penulis lakukan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Serang ditinjau menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Junto PP No.31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasiona serta untuk mengetahui tingkat keberhasilan Tenaga Kerja setelah mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Serang. Penulisan skripsi ini merupakan penelitian yang bersifat penelitian hukum normatif empiris. Pendekatan hukum normatif empiris dipakai untuk mengungkap kaidah-kaidah dan norma-norma hukum yang merupakan kebijakan hukum peserta pelatihan kerja melalui observasi lapangan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa mengenai pelaksanaan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Serang, di awali dengan dikeluarkannya peraturan yang tegas dan luwes mengenai standar masuk/penerimaan calon peserta pelatihan di BLKI Serang, dan dianggap telah sesuai dengan undang-undang undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Junto PP No.31 Tahun 2006 Tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional. Dengan adanya peraturan tersebut, kualitas dan kuantitas pelatihan pun menjadi lebih maksimal dan terarah serta sesuai dengan bakat, minat dan keahlian yang dimiliki seluruh peserta pelatihan di BLKI Serang dan mampu menjadi tolak ukur yang pasti bagi setiap lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. Banyak lulusan yang telah berhasil memperoleh pekerjaan diperusahaan-perusahaan ternama dengan keahlian yang telah mereka miliki dari hasil pelatihan yang diikuti. BLKI Kota Serang dapat memfasilitasi bagi lulusan sekolah menengah umum atau sekolah menengah kejuruan sederajat untuk dapat dilatih agar memiliki keahlian dan kompetensi yang menunjang untuk menduduki atau mendapatkan pekerjaan tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPrihartono, Agus197904192002121002
Thesis advisorAgus, Dede197008202005011002
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Kerja dan Balai Latihan Kerja
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 09:42
Last Modified: 29 Mar 2022 09:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item