Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MATHLABUL HUDA PANDEGLANG

FITRIYADI SARI, AHMAD (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI YAYASAN PONDOK PESANTREN MATHLABUL HUDA PANDEGLANG. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HUBUNGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJ.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Describing the positive relationship the principal managerial skills to job satisfaction of teachers , describe the positive relationship of organizational culture on job satisfaction of teachers and collectively describe positive relationship between managerial skills of school principals and school organizational culture on job satisfaction of teachers at Yayasan Pondok Pesantren Mathlabul Huda. The headmaster is a top manager at the school that are in demand has some skill to be able to carry out managerial functions properly. Then the culture is a pattern of basic assumptions invented and developed by one particular group for studying a master external adaptation and internal integration, that has worked well enough to be considered viable and therefore taught to new members as a way that the perception, thinking and perceived correctly in relation to the matter. Satisfaction in this case based on the belief that job satisfaction is partly a function of personal characteristics and genetic factors. This study aims to determine (1) the relationship of the principal managerial skills (X1) with teacher job satisfaction (Y). (2) the relationship of organizational culture (X2) with the Teacher Job Satisfaction (Y) and (3) the relationship of managerial skills of school heads (X1) and the culture of the Organization (X2) together with teachers working keupasan (Y) using methods .penelitian quantitative research, this type of survey with the correlational approach. The population in this study sample of 100 teachers, 20 teachers as a sample test and 80 teachers as the research object. The results showed: (1) there is a positive correlation between managerial skills principals (X1) with job satisfaction of teachers (Y), (2) there is a positive relationship between organizational culture (X2) and job satisfaction of teachers (Y), terdadpat positive relationship between managerial skills of school principals (X1) and organizational culture (X2) together with teacher job satisfaction (Y) with the coefficient of determination R2 = 0.642 and the regression equation Y = 41.708 + 0,333X1 + 0,236X2. The conclusions of this research is entire free variable that is the principal managerial skills and culture of the organization has a relationship with the teacher job satisfaction simultaneously or partially. Suggestions for principals to be a leader who has the managerial skills of school principals is good then must continue to improve, and for the foundation to always pay attention to and conduct evaluations.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRUSDI SYARIF, CHUSSAERY195212122003121001
Thesis advisorSOERYANA, ATANG195912251979031001
Additional Information: Mendeskripsikan hubungan positif keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, Mendeskripsikan hubungan positif budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru dan Mendeskripsikan hubungan positif secara bersama antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada Yayasan Pondok Pesantren Mathlabul Huda. Kepala sekolah adalah manajer puncak di sekolah yang di tuntut memiliki beberapa keterampilan untuk dapat menjalankan fungsi manajerial dengan baik. Kemudian Budaya adalah suatu pola asumsi dasar yang ditemukan dan di kembangkan oleh suatu kelompok tertentu karena mempelajari dan menguasai masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal, yang telah bekerja dengan cukup baik untuk dipertimbangkan secara layak dan karena itu diajarkan pada anggota baru sebagai cara yang di persepsikan, berpikir dan dirasakan dengan benar dalam hubungan dengan masalah tersebut. Kepuasan dalam hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa kepuasan kerja sebagian merupakan fungsi sifat pribadi dan faktor genetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dengan Kepuasan kerja guru (Y). (2) hubungan budaya organisasi (X2) dengan Kepuasan Kerja Guru (Y) dan (3) hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dan budaya organisas (X2) secara bersama-sama dengan keupasan kerja guru (Y).penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini 100 sampel guru, 20 guru sebagai sampel uji coba dan 80 guru sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dengan kepuasan kerja guru (Y), (2) terdapat hubungan positif antara budaya organisasi (X2) dengan kepuasan kerja guru (Y), terdadpat hubungan positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dan budaya organisasi (X2) secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan koefisien determinasi R =0,642 dan persamaan regresi Y=41,708+ 0,333X1 + 0,236X2. Simpulan penelitian ini adalah seluruh variable bebas yaitu keterampilan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi memiliki hubungan dengan kepuasan kerja guru secara simultan maupun parsial. Saran bagi kepala sekolah untuk menjadi pemimpin yang memiliki keterampilan manajerial kepala sekolah yang baik maka harus terus berusaha memperbaiki, dan bagi yayasan agar selalu memperhatikan dan mengadakan evaluasi.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Managerial Skills Principal, Organizational Culture, Job Satisfaction Guru Kata Kunci : Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 09:34
Last Modified: 29 Mar 2022 09:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10880

Actions (login required)

View Item View Item