AENI, SITI NUR (2015) PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KINERJA GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH KOTA CILEGON. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PENGARUH SARANA PRASARANA DAN KINERJA GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH KOTA CILEGON.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Human resources play an important role one of the items because in the education system are teachers, teachers who deliver learning and students learn actively, effectively and creatively. When complete education infrastructure, but is not supported by the presence of a qualified teacher performance, it would be impossible to get the maximum learning. Teacher performance is the resulting behavior of a teacher in his duties as an educator and taught in class. Infrastructure and teacher performance are important factors that influence the effectiveness of learning in Madrasah Aliyah Cilegon City. To study it, research was conducted with the formulation of the problem that one of them is. (1) Is there any influence on the effectiveness of the learning infrastructure. (2). Is there any influence of teachers' performance on learning effectiveness. (3). Is there any influence of infrastructure and teacher performance on the effectiveness of learning. To answer the above problem formulation, research was conducted with descriptive quantitative research design. The research was conducted in Madrasah Aliyah Cilegon city with a population of 511 people and 146 samples. The sample was drawn proportional area. Collecting data in this study using a questionnaire or questionnaire as an instrument. The results showed that: (1). From the calculation of F> F table (56.4> 4.11) means that means no influence on the effectiveness of learning infrastructures Means. Regression model was found Y = 52 417 + 0.496 X1. (2) From the calculation of F> F table (56.2> 4.11) means that there is the influence of teachers' performance on learning effectiveness. Regression model was found Y = 26 627 + 10 105 X2. (3). From the calculation of F> F table (75.3> 4.11) means that there is the influence of teachers' performance on learning effectiveness. Regression model was found Y = 5.498 + 0.205X1 + 0724 X.2. So, the amount of influence between infrastructure and teacher performance (simultaneously) on the effectiveness of learning which is calculated with the correlation coefficient is 0.753 it indicates a high influence. While simultaneously contributing variables infrastructure is 56.7%, while 43.3% is determined by other variables. Of F> F table (56.7> 4.11).
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Sumber daya manusia memegang peranan penting karena salah satu item dalam sistem pendidikan adalah guru, guru yang menyampaikan pembelajaran dan siswa belajar secara aktif, efektif dan kreatif. Apabila sarana dan prasarana pendidikannya lengkap, tetapi tidak didukung oleh keberadaan kinerja guru yang berkualitas, maka mustahil akan mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal. Kinerja guru adalah perilaku yang dihasilkan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan mengajar di depan kelas. Sarana prasarana dan kinerja guru merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Kota Cilegon. Untuk mengkajinya, dalam penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah yang salah satunya adalah. (1). Apakah ada pengaruh sarana prasarana terhadap efektivitas pembelajaran. (2). Apakah ada pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran. (3). Apakah ada pengaruh sarana prasarana dan kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran. Guna menjawab rumusan masalah di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Kota Cilegon dengan populasi sebesar 511 orang dan sampel 146 orang. Sampel diambil secara area proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > F tabel (56,4> 4,11) artinya berarti ada pengaruh Sarana prasana terhadap efektivitas pembelajaran. Model persamaan regresi ditemukan Y =52.417+ 0,496 X1. (2) Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > F tabel (56,2> 4,11) artinya ada pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran. Model persamaan regresi ditemukan Y =26.627+ 10.105 X2. (3). Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung > F tabel (75,3> 4,11) artinya ada pengaruh kinerja guru terhadap efektivitas pembelajaran. Model persamaan regresi ditemukan Y =5,498+ 0.205X1+0.724 X.2. Jadi pengaruh dari sarana prasarana dan kinerja guru (secara simultan) terhadap efektivitas pembelajaran yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,753 hal ini menunjukkan pengaruh yang tinggi. Sedangkan kontribusi secara simultan variabel sarana dan prasarana adalah 56,7 % sedangkan 43,3 % ditentukan oleh variable yang lain. Fhitung > F tabel (56,7> 4,11). | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Infrastructure, teacher performance and effectiveness of learning Sarana Prasarana, kinerja guru dan Efektivitas Pembelajaran | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2022 09:32 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2022 09:32 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10876 |
Actions (login required)
View Item |