Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN BAMA 1 KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PANDEGLANG

Setiawan, Endang (2015) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN BAMA 1 KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN PANDEGLANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIK.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This study aims to determine the effect of realistic mathematics approach and critical thinking to the learning outcomes of Mathematics at Grade V SDN Bama 1 Pandeglang District of performances. This study used an experimental method, with a 2 x 2 factorial design in class V, the sample size of 40 students into two groups: a control group using ekspositorik approach and the experimental group using realistic mathematics approach. Data collected by achievement test. Data analysis using ANOVA and Tukey test two lanes with a significant level of 0:05. The results showed the results of learning mathematics by using realistic mathematics approach higher than ekspositorik approach. Mathematics learning outcomes in the group of students to think critically high is higher than the group of learners to think critically low. There are interaction effects using realistic mathematics approach and critical thinking on learning outcomes in mathematics. Results of study of mathematics that uses a mathematical approach realistic high critical thinking group was higher than using ekspositorik approach. Results of study of mathematics that uses a mathematical approach realistic to think critically low group was lower than that using ekspositorik approach. Results of study of mathematics that uses a mathematical approach realistic high critical thinking group was higher than using realistic mathematics approach the group to think critically low. Mathematics learning outcomes approach ekspositorik high critical thinking group was lower than that using the approach ekspositorik group think critically low. Results of this study can be stated that if the approach is done by taking into account realistic mathematics critical thinking skills students will be able to improve learning outcomes.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031001
Thesis advisorBarlya, Lily195409151980031003
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas V SDN Bama 1 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain faktorial 2 x 2 pada siswa kelas V, jumlah sampel 40 siswa dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol menggunakan pendekatan ekspositorik dan kelompok eksperimen menggunakan pendekatan matematika realistik. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan Anova dua jalur dan uji Tukey dengan taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih tinggi dari pendekatan ekspositorik. Hasil belajar matematika pada kelompok peserta didik berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari kelompok peserta didik berpikir kritis rendah. Terdapat pengaruh interaksi penggunaan pendekatan matematika realistik dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan matematika realistik kelompok berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan pendekatan ekspositorik. Hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan matematika realistik kelompok berpikir kritis rendah lebih rendah dari yang menggunakan pendekatan ekspositorik. Hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan matematika realistik kelompok berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari yang menggunakan pendekatan matematika realistik kelompok berpikir kritis rendah. Hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan ekspositorik kelompok berpikir kritis tinggi lebih rendah dari yang menggunakan pendekatan ekspositorik kelompok berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa apabila pendekatan matematika realistik dilakukan dengan memperhatikan kemampuan berpikir kritis siswa akan mampu meningkatkan hasil belajar
Uncontrolled Keywords: realistic mathematics approach, critical thinking, and learning outcomes pendekatan matematika realistik, berpikir kritis, dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2022 09:21
Last Modified: 29 Mar 2022 09:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10874

Actions (login required)

View Item View Item