Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PONTANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fahmi, Aziz (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PONTANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENYIMAK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PONTANG TAHUN PELAJARAN 2015 2016.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

The research aims to determine 1) to determine how much the relationship between learning motivation and Drama Script Writing skill. 2) to determine how much the relationship between listening skill and Drama Script Writing skill 3) to determine how much the relationship between learning motivation and the listening skill to the drama script writing skills. The research was conducted in SMP Negeri 1 Pontang District of Serang from November to December 2015. In this study using survey methods and correlational techniques. The population in this study involves a class VIII SMP Negeri 1 Pontang. Samples from this study were 27 taken randomly (sample random sampling) instruments for data collection in this study was a questionnaire motivation to learn, listening tests, and drama script writing skills test. Data analysis technique used was the statistical technique of regression and simple correlation and multiple correlation. The results showed that: 1) there is a positive relationship between learning motivation (X1) and drama script writing skills (Y) with correlations obtained rhitung 0.682> 0.381 rtabel. With a coefficient of 0.466. That is the drama script writing skills affected by learning motivation by 68.2%, while the remaining 31.8% is influenced by other factors. 2) there is a positive correlation between listening skill (X2) with keterampuilan playwriting students (Y) with correlations obtained rhitung 0.707> 0.381 rtabel with determination coefficient of 0.500. That is the drama script writing skills students are influenced by the vocabulary of 50%, while the remaining 50% are influenced by other factors. 3) there is a positive relationship between learning motivation (X1) together with listening skills (X2) with skills playwriting students (Y) with correlations obtained rhitung 0768> rtabel 0.381 with determination coefficient of 0.589. That is the drama script writing skills affected jointly by the motivation to learn and the listening skill to 58,9%, the remaining 41.1% is influenced by other factors The implications of this research indicate that the playwriting students can be influenced by the students' motivation and listening skill.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRUSDY SYARIEF, CHUSSAERY195212122003121001
Thesis advisorSUPRANI, SUPRANI1955041819840310001
Additional Information: Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan menulis naskah drama. 2) untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kemapuan menyimak dengan keterampilan menulis naskah drama, dan 3) untuk memngetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan menyimak dengan keterampilan menulis naskah drama. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pontang Kabupaten Serang dari bulan November sampai dengan bulan Desember 2015. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pontang. Sampel dari penelitian ini adalah 27 yang diambil secara acak (sample random sampling) instrumen untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner motivasi belajar, tes menyimak, dan tes menulis naskah drama. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar (X1) dan keterampilan menulis naskah drama siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.682> rtabel 0,381.Dengan koefisien determinasi sebesar 0,466. Artinya keterampilan menulis naskah drama siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar sebesar 68,2%, sedangkan sisanya 31,8% dipengaruhi oleh factor lain. 2) terdapat hubungan positif antara kemampuan menyimak (X2) dengan keterampuilan menulis naskah drama siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.707> rtabel 0,381 dengan koefisien determinasi sebesar 0,500. Artinya keterampilan menulis naskah drama siswa dipengaruhi oleh penguasaan kosakata sebesar 50%, sedangkan sisanya 50 % dipengaruhi oleh faktor lain. 3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar (X1) bersama-sama dengan kemampuan menyimak (X2) dengan keterampilan menulis naskah drama siswa (Y) dengan korelasi didapat rhitung 0.768> rtabel 0,381 dengan koefisien determinasi sebesar 0,589. Artinya keterampilan menulis naskah drama siswa dipengaruhi secara bersama-sama oleh motivasi belajar dan kemampuan menyimak sebesar 58,9%, sisanya 41,1% dipengaruhi oleh faktor lain Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa menulis naskah drama siswa dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa dan kemampuan menyimak.
Uncontrolled Keywords: Keyword : Learning Motivation, listening skill , with Drama Script Writing Skills. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemampuan Menyimak, dan Keterampilan Menulis Naskah Drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 88101-Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Mar 2022 21:40
Last Modified: 28 Mar 2022 21:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item View Item