Rohmah, Meta Siti (2016) Upaya Tutor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Paket C di PKBM Berkah Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
UPAYA TUTOR OALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini secara khusus membahas tentang: 1) Rendahnya kemampuan tutor dalam meningkatkan hasil belajar pada Peserta Paket C di PKBM Berkah Menes.2) Rendahnya hasil belajar pada peserta PKBM Berkah Menes.3)Rendahnya faktor pendukung yang mempengaruhihasilbelajar pada Peserta Paket C di PKBM Berkah Menes.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tentang upaya tutor dalam meningkatkan hasil belajar pada Peserta Paket C dalam kegiatan pembelajaran.2) Untuk mengetahui hasil belajar pada peserta paket C di PKBM Berkah Menes .3) Untuk mengetahui faktor�faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada Peserta Paket C dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studidokumentasi.Penelitian ini dilakukan di program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM BerkahKecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. Jln Raya Alun-alun Selatan Gedung Eks Kawadanan Menes Desa Purwaraja Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. Subyek dalam penelitian ini yaitu tutor program pendidikan kesetaraan Paket C yang berjumlah 4orang. Dari hasil penelitian ini tentang upaya tutor dalam meningkatkan hasil belajar warga belajar paket C adalah dengan Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil belajar warga belajar paket C yaitu dengan hasil prestasi yang baik dan dapat mencapai target pembelajaran. Hasil belajar dapat dilihat dari ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasilbelajar warga belajar paket C yaitu faktor pendukung diantaranya, faktor motivasi yang cuku ptinggi, dukungan lembaga PKBM terhad apfasilitas pembelajaran, ketersediaan tutor yang kompeten dalam bidangnya. Fakto penghambat diantaranya waktu yang dimiliki warga belajar, faktor keluarga yang kurang, dasar kemampuan materi yang bervariasi
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2022 15:47 | |||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2022 09:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10849 |
Actions (login required)
View Item |