Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR GULA SEMUT (Studi kasus di KUB Mitra Mandala, Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak)

AMALIA, RIANI (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR GULA SEMUT (Studi kasus di KUB Mitra Mandala, Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR GULA SEMUT (STUDI KASUS DI KUB MITRA MANDALA, DESA HARIANG, KECAMATAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research aims to identify internal and external factors of the company consisting of the strengths, weaknesses, opportunities and threats, so that it can determine the development strategy that can be applied by KUB. Mitra Mandala to develop the market. The determination of the location is done deliberately (purposive) that is in the Hariang village of Sobang sub-district, Lebak-Banten. Data analysis in this study uses matrix External Factors Evaluation (EFE), matrix Internal Factors Evalution (IFE), matrix Internal-External (IE), and matrix SWOT. An alternative strategy that is given to the development of the market in palm sugar is develop a market area of palm sugar in other cities unreached by distributing products through agents and resellers, then supported by other strategy is do promotion by more vigorous frequency, improves the quality of product excellence and sustain of palm sugar, makes smaller packaging, performs the financial report and administration of companies, and create a product with attractive packaging using a plastic jar container or jar bamboo.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAstuti, Andjar196005311986112001
Thesis advisorSuherna, Suherna196908192002121001
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan yang terdiri dari kekuatan, kelamahan, peluang dan ancaman, sehingga dapat menentukan strategi pengembangan yang dapat diterapkan oleh KUB.Mitra Mandala untuk mengembangkan pasar. Pemilihan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive) yaitu di Desa Hariang, Kecamatan Sobang, Lebak-Banten. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan sengaja, responden yang digunakan adalah ketua KUB.Mitra Mandala, bagian pemasaran, dan tenaga kerja pengolahan gula semut. Analisis data menggunakan Matriks External Factors Evaluation (EFE), Matriks Internal Factors Evalution (IFE), Matriks Internal-External (IE), Dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama yang dimiliki oleh KUB.Mitra Mandala adalah memiliki transportasi pribadi dengan skor sebesar 0,40. Kelemahan utama adalah minimnya tujuan pasar dengan skor sebesar 0,21. Peluang utama adalah bulan Puasa Ramadhan dengan skor 0,36. Sedangkan ancaman utama adalah kenaikan harga bahan baku dengan skor sebesar 0,12. Hasil matriks IE pada usaha gula semut menunjukkan bahwa posisi KUB.Mitra Mandala berada pada kuadran IV yaitu memiliki kemampuan internal yang kuat dan eksternal yang sedang. Perusahaan berada pada kondisi grow and build. Strategi yang sesuai dengan kuadran ini adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Alternatif strategi yang diberikan untuk pengembangan pasar gula semut ini adalah mengembangkan wilayah pasar gula semut di kota-kota lain yang belum terjangkau dengan mendistribusikan produk melalui agen dan reseller, kemudian didukung oleh strategi lainnya yaitu melakukan promosi dengan frekuensi yang lebih gencar, meningkatkan kualitas dan mempertahankan keunggulan produk gula semut, membuat kemasan yang lebih kecil, melakukan sistem pencatatan keuangan dan administrasi perusahaan, serta menciptakan produk dengan kemasan menarik diantara pesaing lainnya menggunakan wadah toples plastik atau toples bambu agar menjadi daya tarik bagi konsumen
Uncontrolled Keywords: market development strategy, palm sugar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Mar 2022 13:15
Last Modified: 28 Mar 2022 13:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10827

Actions (login required)

View Item View Item