HIDAYAT, RIZKI (2015) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PT. PLN BANTEN UTARA DITINJAU MENURUT UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PT. PLN BANTEN UTARA DITINJA.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Saat ini listrik menjadi hal penting dan keberadaannya menjadi pendukung untuk mewujudkan suatu pembangunan. Banyak aktifitas kesejahteraan mempergunakan energi listrik. Peningkatan kemakmuran masyarakat serta upaya mendorong peningkatan taraf hidup tidak terlepas dari penyediaan tenaga listrik. Pentingnya energi listrik bagi masyarakat dapat ditunjukkan dengan besarnya penggunaan listrik oleh masyarakat khususnya konsumsi rumah tangga. Hal lain yang tak kalah penting sehubungan dengan fungsi listrik adalah adanya kemajuan teknologi komunikasi maupun informatika yang turut memperluas ruang gerak arus transportasi barang maupun jasa. Pemadaman listrik dapat diakibatkan krisis energi listrik benar-benar terjadi, banyaknya pembangkit listrik milik PT. PLN yang tersebar di pelosok tanah air tidak mampu memasok kebutuhan konsumen yang semakin hari semakin meningkat. Jumlah daya yang disalurkan sebenarnya cenderung stabil, akan tetapi jumlah pengguna atau konsumen listrik terus meningkat setiap harinya. Identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana hubungan hukum yang mendasari PT. PLN Banten Utara sebagai produsen tenaga listrik dengan pengguna tenaga listrik rumah tangga sebagai konsumen dan Bagaimana perlindungan hukum yang diterima konsumen terhadap pelayanan PT. PLN Banten Utara Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mempergunakan metode penelitian yuridis normatif, hal mana lebih mengutamakan pendekatan terhadap norma-norma hukum yang telah ada, dalam meneliti asas-asas hukum serta teori-teori hukum yang terkait dengan konsep yang dipakai dalam penulisan, karena obyek kajiannya adalah dokumen peraturan perundang-undangan dan bahan pustaka. Untuk menguatkan bahan hukum primer yang berupa peraturan perundang-undangan, turut dimasukan pula metode penelitian yuridis empiris wawancara dengan pihak PT. PLN dan beberapa konsumen listrik sebagai data sekunder Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang dihadapi PT. PLN (Persero) Banten Utara adalah ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan PLN atas pemadaman listrik yang seharusnya pemadaman tersebut tidak terjadi apabila PLN dapat melakukan tugasnya dengan baik dalam melakukan perawatan, pengaduan dari masyarakat atas pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN dengan tidak memberikan pemberitahuan atau informasi sebelumnya baik melalui media elektronik (radio) ataupun media cetak (surat kabar/Koran). Sehingga konsumen merasakan ketidaknyamanan dalam melakukan aktifitas sehari-hari di dalam rumah, dan mengedepankan hak-hak pelanggan sebagai konsumen listrik di dalam pelayanan berupa terbukanya sarana informasi yang memadai.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Pemadaman Listrik | |||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | |||||||||
Divisions: | 01-Fakultas Hukum 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2022 09:38 | |||||||||
Last Modified: | 28 Mar 2022 09:38 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10815 |
Actions (login required)
View Item |