Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL PT INDONESIA POWER UNTUK MENDAPATKAN PESAN KERLAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) OLEH KARYAWAN

Cahya, Juan Fajar and Sagita, Darwis and Septa, Ronny Yudhi (2018) PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL PT INDONESIA POWER UNTUK MENDAPATKAN PESAN KERLAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) OLEH KARYAWAN. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Juan Fajar Cahya NIM. 6662111626)
PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL PT INDONESIA POWER UNTUK MENDAPATKAN PESAN KERLAMATAN DAN KESEHATAN KER - Copy.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

JUAN FAJAR CAHYA. 6662111626. Use of PT Indonesia Power Suralaya internal media to obtain work safety and healt (k3) message by emoloyees. Communication Studies Program University of Sultan Ageng Tirtayasa. 2017. This study aims to determine the extent to which the Use of PT Indonesia Power Suralaya internal media to obtain work safety and healt (k3) message by emoloyees So there is no Work Accident. This research was conducted at PT. Indonesia Power Suralaya with Population is all employees of PT. Indonesia Power Suralaya numbered 722 people and the sample amounted to 78 people. This research started from July 2017 until October 2017. The research method used is quantitative method with survey approach, with research instrument that is questionnaire, compiled by researcher and has been tested to measure the validity and reliability of instrument. Measurement of instrument validity using product moment correlation and pearson, while reliability test using spearman brown formula. Analysis of research data used is descriptive analysis percentage of Likert scale. All data processing is done with the help of SPSS for Windows program. The results of this study can be concluded that in terms of dimensions of Audience Coverage (Audience Coverage) with a score of 100% can be concluded that PT. Indonesia Power Suralaya 100% succeeded in reaching all employees of the company according to the target and target desired by the company in delivering corporate message through Company Internal Media about worker safety and health to fulfill their information requirement. In terms of response of the reader (Audience Response) which amounted to 81.79% can be concluded that the responses of respondents to the company's internal media is very effective. In terms of knowledge of the media (Communication Impact) which amounted to 81.44% can be concluded that the knowledge of respondents to internal media companies about the delivery of messages Safety and Work Accidents (K3) is very effective. In terms of the Influence of Media (Process of Influence) which amounted to 78.85% can be concluded that the effect of the program implementation of publishing the company's internal media to the information needs of respondents is good. Keywords : Effectiveness, Internal Media, Message Submission

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: JUAN FAJAR CAHYA. 6662111626. Efektivitas Media Internal Dalam Penyampaian Pesan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Karyawan PT. Indonesia Power Suralaya. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Efektivitas Media Internal dalam Penyampaian Pesan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pegawai Pabrik PT. Indonesia Power Suralaya Sehingga tidak terjadi Kecelakaan Kerja. Penelitian ini dilakukan di PT. Indonesia Power Suralaya dengan Populasi adalah seluruh karyawan PT. Indonesia Power Suralaya berjumlah 722 orang dan sampel berjumlah 78 orang. Penelitian ini dimulai dari bulan Juli 2017 sampai dengan bulan Oktober 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey, dengan instrument penelitian yaitu angket, yang disusun oleh peneliti dan telah diuji cobakan untuk mengukur validitas dan reabilitas instrument. Pengukuran validitas instrument menggunakan korelasi product moment dan pearson, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus spearman brown. Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase skala Likert. Semua proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari segi dimensi Jangkauan Pembaca (Audience Coverage) dengan skor sebesar 100% dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Indonesia Power Suralaya 100% berhasil menjangkau keseluruhan karyawan perusahaan sesuai target dan sasaran yang diinginkan perusahaan dalam penyampaian pesan perusahaan melalui Media Internal Perusahaan tentang Keselamatan dan Kesehatan kerja karyawan untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka. Dari segi Tanggapan pembaca (Audience Response) yang sebesar 81.79% dapat ditarik kesimpulan bahwa tanggapan responden terhadap media internal perusahaan ini sangat efektif. Dari segi Pengetahuan terhadap media (Communication Impact) yang sebesar 81.44% dapat dirasik kesimpulan bahwa pengetahuan responden terhadap media internal perusahaan tentang penyampaian pesan Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) sangat efektif. Dari segi Pengaruh Media (Process of Influence) yang sebesar 78.85% dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh program penyelenggaraan penerbitan media internal perusahaan ini terhadap kebutuhan informasi responden sudah baik. Kata Kunci : Efektivitas, Media Internal, Penyampaian Pesan
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:26
Last Modified: 05 Nov 2018 02:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item