Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA PAMONG BELAJAR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITASPROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB)KOTA CILEGON

SUKEMI, SUKEMI (2015) UPAYA PAMONG BELAJAR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITASPROGRAM KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB)KOTA CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA PAMONG BELAJAR DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROGRAM KUM DI SKB KOTA CILEGON.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang upaya pamong belajar dalammeningkatkan efektivitas program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM),dengan mengambil penelitian di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) KotaCilegon. Untuk itu pada kegiatan pelaksanaan program KUM, peneliti inisecara khusus mengkaji masalah (1) Bagaiman upaya Pamong Belajardalam meningkatkan efektivitas program KUM di SKB Kota Cilegon?; (2)Bagaimana hasil Peningkatan efektivitas program KUM di SKB KotaCilegon?;(3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalammeningkatkan efektivitas program KUM di SKB Kota Cilegon? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana datadiperoleh dari observasi, wawancara, studi dokumentasi dan catatanlapangan. Adapun teknik analisi data yaitu dengan tahap reduksi,penyajian data,tahap verivikasi dan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pamong belajar dalammeningkatkan efektivitas program KUM sudah berjalan dengan baikdilihatdari perencanaan (identifikasi masalah, tujuan program KUM), efektivitas(tujuan yang dicapai,perencanaan yang matang, penyusunan programyang tepat dan adanya sarana dan prasarana), Pengorganisasian,Pelaksanaan, Pengawasan, Evaluasi. Kondisi warga belajar sebelum dansesudah mengikuti program KUM dilihat dari Aspek Kompetensi(Psikomotor, Kognitif, Afektif) mengalami peningkatan yang signifikan.Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program KUMyaitu : (1). Adanya warga belajar KUM (2). Adanya dana yang telahdisediakan oleh APBN untuk menunjang keberhasilan dalam pelaksanaanproses pembelajaran KUM (3). Pendaftaran warga belajar KUM tanpadipungut biaya sedikitpun (4). Warga belajar menyambut baik, karenadengan program KUM ini dapat menambah pengalaman baru,pengetahuan dan keterampilan (5). Adanya sarana dan prasarana yanglengkap untuk menunjang dalam pelaksanaan proses pembelajaran.Sedangkan Faktor-faktor penghambat yaitu: (1). Kesulitan warga belajarKUM karena mengganggu rumah tangga (2). Kurangnya kedisiplinanwarga belajar dalam kehadiran (3). Motivasi belajar yang rendah (4).Belum mempunyai jiwa wirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorArdie, Romli195608121984031002
Thesis advisorHanafi, Syadeli195608201985031002
Uncontrolled Keywords: upaya pamong belajar, efektivitas program KUM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Mar 2022 21:37
Last Modified: 26 Mar 2022 21:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item