Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VI SDN KRAMATWATU 2

Sulistianingsih, Sulistianingsih (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VI SDN KRAMATWATU 2. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA P~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research is motivated by the low academic achievement and student learning activities Civics Class VI SDN Kramatwatu 2. The purpose of this research is to improve student achievement in the subjects of Civics through the application of learning model student facilitator and explaining . The subjects of this study were 52 sixth grade students of SDN 2 Kramatwatu 2 Kramatwatu District of Serang Banten Province . The method used was Classroom Action Research ( CAR), which was held on 2 cycles , where one cycle implemented on 1 September 2014 and 2 cycles carried out on 3 September 2014. The research model uses a spiral groove of Kemmis and Mc Taggart . Data collection was conducted in this research is to use the test results of student learning, and teacher observation and student activity activity using a scale Guthman , then analyzed using descriptive qualitative techniques . The results show that this penelitain on pre-cycle tests of student learning outcomes the average value is 68 with 44 % completeness criteria . In the first cycle tests of student learning is the average value of 90 to the criteria of the expected target of 90 % to 100% with an average value of 100 so that the first cycle is not in accordance with the indicators of success . In the second cycle students' achievement test average rating is 100 with 100 % completeness criteria which means that the indicator has achieved the expected success . The results also showed an increase in activity of students in each cycle . In the first cycle of unity meeting student activity reached 80 % and 93 % in the second meeting . In the second cycle of meetings to one and to two increases to 100 % . This is in accordance with the indicators of success is 100 % . Conclusions from this research that pembelajarn by using a model student facilitator and explaining learning can improve student achievement significantly

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSoetrisna, Denny19590728195111991
Thesis advisorNurhasanah, Ana197410182006042009
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar PKn dan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Kramatwatu 2. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining. Adapun subjek penelitian ini adalah 52 siswa kelas VI SDN Kramatwatu 2 Kecamatan Kramatwatu 2 Kabupaten Serang Propinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada 2 siklus, dimana siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 1 September 2014 dan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 3 September 2014. Model penelitian menggunakan alur spiral dari Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar siswa, dan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan skala Guthman, kemudian dianalisis dengan teknik kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitain ini menunjukan bahwa pada pra siklus tes hasil belajar siswa nilai rata-ratanya adalah 68 dengan kriteria ketuntasan 44%. Pada siklus I tes belajar siswa nilai rata-ratanya adalah 90 dengan kriteria 90% target yang diharapkan 100% dengan nilai rata-rata 100 sehingga pada siklus I belum sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada siklus II tes hasil belajar siswa nilai rata-ratanya adalah 100 dengan kriteria ketuntasan 100% yang berarti bahwa indikator keberhasilan yang diharapkan telah tercapai. Hasil penelitian juga menunjukan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan kesatu aktivitas siswa mencapai 80% dan 93% pada pertemuan kedua. Pada siklus 2 pertemuan ke satu dan ke dua meningkat menjadi 100%. Hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 100%. Simpulan dari penelitian ini bahwa pembelajarn dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan.
Uncontrolled Keywords: Student achievement , subjects Civics , learning models And Explaining Student Facilitator , classroom action research Prestasi belajar siswa, mata pelajaran PKn, model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Mar 2022 21:25
Last Modified: 26 Mar 2022 21:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item View Item