Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN ONCOM MERAH (Suatu kasus industri rumah tangga Oncom di Kecamatan Walantaka)

FRENDI, FRENDI (2015) STRATEGI PEMASARAN ONCOM MERAH (Suatu kasus industri rumah tangga Oncom di Kecamatan Walantaka). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN ONCOM MERAH.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Oncom Merah Home Industry is a home industry which manufacturing the traditional food based from the soybean sediment. The marketing strategy which currently applied is not effective to interest the consumers. The main purpose of this research is to establish the right marketing strategy of Oncom Merah. The respondents of this research were taken by census method with aggregate as much as 24 respondents. To get the data from the respondents is by using interview method. SWOT analysis is used in this research to evaluate the current marketing strategy and to establish the right marketing strategy of Oncom Merah. Based on the SWOT matrix analysis, the Oncom Merah Home industry is in the cell V position now, which it is mean that the Oncom Merah Home industry is being able to hold and maintain with the alternative strategies are by using the market penetration and product developing. By using those alternative strategies, hoped that Oncom Merah will interesting more consumers and getting the significant revenue.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiawan, Johan196802122002121002
Thesis advisorSariyoga, Setiawan1975020620050011003
Additional Information: Industri rumah tangga Oncom Merah merupakan industri rumahan yang menghasilkan komoditas produk makanan tradisional berbahan dasar ampas kedelai / tahu , produk yang di jual ialah oncom merah. Oncom Merah telah dipasarkan ke daerah-daerah di Kabupaten Serang dan Kota Serang melalui agen�agen penyalurnya. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh industri rumah tangga Oncom Merah saat ini belum efektif di dalam menarik minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terjadi pada pemasaran oncom merah dan menentukan strategi pemasaran oncom merah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan kuesioner. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan alat analisis SWOT untuk mengevaluasi strategi pemasaran saat ini dan mencari alternatif strategi pemasaran yang lebih akurat dalam kegiatan pemasaran produk oncom merah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kedudukan industri rumah tangga Oncom Merah berdasarkan matriks SWOT berada dalam posisi sel V, yaitu posisi pertahankan dan pelihara (Hold and Maintain) dengan alternatif strategi yang dapat digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Diharapkan dengan melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk dapat membuat pemasaran Oncom Merah lebih terarah serta dapat memperoleh hasil yang signifikan. Alternatif strategi yang diperoleh diantaranya dengan cara memanfaatkan pameran untuk mengenalkan produk Palem Sari, meningkatkan kegiatan promosi dengan cara memanfaatkan media cetak, promosi penjualan, dengan cara terjun langsung ke pasar yang belum dijangkau agar jaringan distribusi lebih luas , membuka daerah pemasaran baru / agen penyalur, menjaga harga jual produk keripik tempe tidak jauh berbeda dengan produk sejenis, meningkatkan volume produksi Oncom Merah, meningkatkan kinerja karyawan khususnya bagian distribusi produk, mempertahankan agen penyalur yang telah ada dan lain-lain strategi yang dapat dilakukan oleh industri rumah tangga Oncom Merah dalam pengembangan usaha dan pemasaran produk Oncom Merah pada masa-masa mendatang.
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, Home Industry, Oncom Merah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Mar 2022 14:42
Last Modified: 25 Mar 2022 14:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item