Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UJI ANTAGONIS Bacillus sp. ASAL ENDOFIT AKAR PADI (Oryza sativa L.) TERHADAP BLAS (Pyricularia oryzae Cav.)

SUNENI, SUNENI (2015) UJI ANTAGONIS Bacillus sp. ASAL ENDOFIT AKAR PADI (Oryza sativa L.) TERHADAP BLAS (Pyricularia oryzae Cav.). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UJI ANTAGONIS BACILLUS SP. ASAL ENDOFIT AKAR PADI (ORYZA SATIVA L.) TERHADAP BLAS (PYRICULARIA OR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This research aimed to determine the potential of Bacillus sp. towards blast disease (Pyricularia oryzae Cav.) on paddy plants (Oryza sativa L). The research was conducted at the Laboratory of Agroecotechnology, Faculty of Agriculture, University of Sultan Ageng Tirtayasa on April until June 2015. The research used a single factor experiment was arranged in a Completely Randomized Design (CRD) with three replications. The treatment consisted 9 isolates of Bacillus sp. obtained from endophytic roots of paddy plants based on results of the initial screening and one control for comparison. The test results showed the in vitro testing of antagonists to inhibit the growth a Pyricularia oryzae Cav. in which inhibit of 9 isolates of Bacillus sp. had the significant potential. The results showed that the roots of paddy endophytic bacteria Bacillus sp. potentially for controlling blast disease in paddy plants.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaylendra, Andree197904202008011013
Thesis advisorNurmayulis, Nurmayulis196311182001122001
Additional Information: Padi merupakan tanaman pangan pokok hampir seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu setiap faktor yang mempengaruhi tingkat produksinya sangat penting diperhatikan. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pyricularia oryzae Cav. Pengendalian yang banyak dikembangkan pada saat ini adalah pengendalian hayati dengan menggunakan mikroba antagonis dengan menggunakan Bacillus sp., yang memiliki keunggulan antara lain ramah lingkungan, tidak membahayakan makhluk hidup, biaya yang tidak mahal dan dapat memperoleh hasil pertanian yang aman bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi Bacillus sp. dalam menghambat pertumbuhan patogen blas (Pyricularia oryzae) pada tanaman padi (Oryza sativa L), serta mengidentifikasi morfologi koloni, sifat gram dan sifat patogenitas terhadap masing-masing isolat Bacillus sp. Penelitian ini bersifat eksperimental. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Agroekologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada bulan April - Juni 2015. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor dengan 10 taraf yang terdiri dari 9 isolat Bacillus sp. dan 1 kontrol sebagai pembanding, diulang sebanyak 3 kali sehingga menghasilkan 30 satuan percobaan. Diameter zona bening pada setiap isolat bakteri Bacillus sp. berbeda tetapi tidak nyata dan persentase daya hambat pada setiap isolat bakteri Bacillus sp. berbeda nyata setelah diuji lanjut DMRT pada taraf 5% dalam menghambat pertumbuhan patogen blas. Bakteri Bacillus sp. memiliki bentuk koloni yang berbeda-beda, bentuk koloni bakteri bisa terlihat dengan cara menumbuhkan bakteri pada media NA (Natrium Agar) dengan cara menggoreskan bakteri pada media cawan petri dan media agar miring yaitu di dalam tabung reaksi. Bakteri endofit yaitu diantaranya Bacillus sp. memiliki sifat dan karakter yang berbeda, ada yang bersifat patogen (penyebab penyakit) ada juga yang tidak. Hasil uji patogenitas pada kentang terhadap Bacillus sp. menunjukkan reaksi positif terhadap enzim pektolitik, namun isolat Bacillus sp. tersebut tidak bersifat patogen terhadap tanaman padi, karena isolat tersebut diisolasi dari tanaman padi yang sehat. Hasil identifikasi dengan menggunakan KOH 3% menunjukkan bakteri Bacillus sp. bersifat gram positif dan bersifat gram negatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengujian antagonis secara in vitro mampu menghambat pertumbuhan (Pyricularia oryzae Cav.) dimana hasil uji lanjut DMRT pada taraf 5% terhadap diameter zona bening dan persentase daya hambat pada 9 isolat Bacillus sp. berbeda nyata, sehingga bakteri endofit asal akar tanaman padi yaitu Bacillus sp. memiliki potensi sebagai agen hayati untuk mengendalikan penyakit blas pada tanaman padi.
Uncontrolled Keywords: Bacillus sp., Pyricularia oryzae Cav., paddy plant, endophytic
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54211-Program Studi Agroekoteknologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Mar 2022 13:56
Last Modified: 25 Mar 2022 13:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item