Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA LAJU KOROSI BAJA AISI 1045 VARIASI ALUMINIUM ALLOY PADA MEDIA AIR LAUT DENGAN METODE IMPRESSED CURRENT

NURHAMIN, AAN (2016) ANALISA LAJU KOROSI BAJA AISI 1045 VARIASI ALUMINIUM ALLOY PADA MEDIA AIR LAUT DENGAN METODE IMPRESSED CURRENT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISA LAJU KOROSI BAJA AISI 1045.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Wilayah Indonesia sebagian besar adalah lautan, kapal laut salah satu transportasi yang banyak digunakan. Korosi pada lambung kapal sangat tinggi sehingga perlu ada pengendalian korosi seperti pemilihan bahan, pelapisan serta Cathodic Protection. Cathodic Protection dengan sistem Impressed Current, dimana material anoda korban diberi arus positif dan katoda diberi arus negative. Rectifier menggunakan Charger hp dengan output DC 5volt 800mA, dengan katoda baja AISI 1045 dan anoda Aluminium Alloy (AA) dengan tiga variasi, dimana air laut 3 liter disirkulasikan dan dipertahankan dipenampung kecil 400 ml sesuai dengan standartd ASTM G71-81 yaitu 40 cm baja yang tercelup. Pengujian dilakukan selama 12 jam dimana setiap 3 jam dihentikan untuk dilakukan pembersihan, pengeringan dan penimbangan anoda dan katoda, serta air laut diganti dengan yang baru. Dari hasil experiment didapat bahwa laju korosi terendah adalah pada baja 3 dengan anoda korban AA 6061 yaitu (0,00064 mm/tahun) dan laju korosi tertinggi pada baja 1 dengan anoda korban AA 5083 yaitu (0,00169 mm/tahun) dan baja tanpa proteksi dengan laju korosi sebesar (0,0046 mm/tahun).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFAWAID, MOH198008302008121001
Thesis advisorSUHENDI, ENDANG197707052003121001
Additional Information: Wilayah Indonesia sebagian besar adalah lautan, kapal laut salah satu transportasi yang banyak digunakan. Korosi pada lambung kapal sangat tinggi sehingga perlu ada pengendalian korosi seperti pemilihan bahan, pelapisan serta Cathodic Protection. Cathodic Protection dengan sistem Impressed Current, dimana material anoda korban diberi arus positif dan katoda diberi arus negative. Rectifier menggunakan Charger hp dengan output DC 5volt 800mA, dengan katoda baja AISI 1045 dan anoda Aluminium Alloy (AA) dengan tiga variasi, dimana air laut 3 liter disirkulasikan dan dipertahankan dipenampung kecil 400 ml sesuai dengan standartd ASTM G71-81 yaitu 40 cm baja yang tercelup. Pengujian dilakukan selama 12 jam dimana setiap 3 jam dihentikan untuk dilakukan pembersihan, pengeringan dan penimbangan anoda dan katoda, serta air laut diganti dengan yang baru. Dari hasil experiment didapat bahwa laju korosi terendah adalah pada baja 3 dengan anoda korban AA 6061 yaitu (0,00064 mm/tahun) dan laju korosi tertinggi pada baja 1 dengan anoda korban AA 5083 yaitu (0,00169 mm/tahun) dan baja tanpa proteksi dengan laju korosi sebesar (0,0046 mm/tahun).
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Cathodic Protection, Impressed Current.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Mar 2022 11:24
Last Modified: 25 Mar 2022 11:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10722

Actions (login required)

View Item View Item