Rusganda, Endang (2015) TANGGUNG JAWAB BANK PENERBIT KARTU KREDIT KEPADA NASABAH AKIBAT PENYALAHGUNAAN KARTU KREDIT OLEH PIHAK KETIGA DIHUBUNGKAN DENGAN UU NO 10 TAHUN 1998 TENTANG PERBANKAN ( STUDY KASUS PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
TANGGUNG JAWAB BANK PENERBIT KARTU KREDIT KEPADA NASABAH AKIBAT PENYALAHGUNAAN KARTU KREDIT OLEH .PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Sebagai salah satu produk Bank, Kartu Kredit merupakan produk yang makin banyak diminati oleh masyarakat sehingga perkembangannya meningkat. Penggunaan kartu kredit ini didasarkan atas perjanjian para pihak. Dengan pesatnya perkembangan penggunaan kartu kredit, semakin meningkat pula penyalahgunaan melalui berbagi macam bentuk dan modus operandinya. Sehingga menimbulkan kerugian khususnya bagi pemegangnya. Perlu diketahui hubungan hukum para pihak dalam penggunaan kartu kredit, demikian juga bentuk-bentuk penyalahgunaan beserta perlindungan hukum yang diberikan kepada pemegang akibat penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak ketiga. Penelitian pada PT. Bank Mandiri (persero) Tbk. ibni bertujuan untukmengetahui bagaimana hubungan hukum antara par apihak yang terlibat dalam perjanjian peenrbitan kartu kredit. Bagaimana tanggungjawab PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. kepada nasabah akibat penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak ketiga. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, dengan spesifikai pembahasannya yaitu dekriptif analitis dan teknik pengumpulan datanya oleh penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif. Perjanjian penerbitan kartu kredit pada Bank Mandiri termasuk kedalam perjanjian pemberian kredit, karena Bank Mandiri memberikan pinjaman dengan cara membayar harga barang dan jasa yang dibeli dari pemegang kepada pedgang. Selanjutnya penerbit akan mengirimkan tagihan pada bulan berikutnya kepada pemegang atas transaksi yang telah ia lakukan. Dalam perjanjian penerbitan kartu kredit PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. memiliki posisi yang kuat karena semua ketentuan dan syarat-syarat telah ditentukan terlebih dahulu oleh PT. Bank Mandiri sehingga apabila terjadi penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak ketiga semua tanggung jawab diserahkan sepenuhnya kepada pemegang kartu kredit oleh pihak ketiga semua tanggung diserahkan sepenuhnya kepada pemegang kartu kredit. Apabila terjadi perselisihan antara PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan nasabah yang menyangkut pelaksanaan penggunaan kartu kredit, maka akan diselesaikan secara musyawarah, namun apabila melalui musyawarah tidak menemukan titik temu maka PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. dengan pemagang atau nasabah sepakat untuk menyerahkan penyelesaiannya kepada Pengadilan Negeri didomisili hukum kantor PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | |||||||||
Divisions: | 01-Fakultas Hukum 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2022 15:57 | |||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2022 15:57 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10691 |
Actions (login required)
View Item |