Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Pribadi, Aris Eko (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Classroom action research was conducted due low motivation and student learning outcomes sixth grade Sekolah Dasar Negeri 2 Siswo Bangun, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah on Civics Education. The values obtained by the student does not reach standard set out in school, 66. One is the methods used by teacher only speak alone without being combined with other methods so student are always conditioned only hear, see and writting. This make the lack of cooperation among the studen so to as make classroom atmosphere becomes condicive to learning. The purpose this research was (1) to increase student motivation sixth grade Sekolah Dasar Negeri 2 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah with team Game Tournament Methods subject Citizenship Education. (2) Improve learning outcomes Elementary school sixth grade Sekolah Dasar Negeri 2 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah in subject using the Civics Education with Team Game Tournament methods. The result showed with that implemantation of (1) the use of methods Team Game Tournament can increase motivation the learn. This is indicated by percentage of student learning motivation from the first cycle to second cycle increased. Average student motivation first cycle is 79,24% and second cycle is 86,40%. (2) The use of methods Team Game Tournament in class can improve student learning outcomes. This is indicated by an increase in the value of student learning outcomes from first cycle to second cycle. The value of student learning outcomes the first cycle is 34,48% and than second cycle is 93,11% . Conclusions that can be drawn from this research is using Team Game Tournamet can increase motivation and learning outcomes in subject Civics education in sixth grade Sekolah Dasar Negeri 2 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Thesis advisorNurhasanah, Ana197410182006042009
Additional Information: Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Siswo Bangun, Seputih Banyak, Lampung Tengah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Nilai siswa tidak mencapai standar yang ditetapkan sekolah yaitu 66. Salah satu sebabnya metode yang digunakan oleh guru hanya berceramah saja tanpa dikombinasikan dengan metode lain sehingga siswa selalu dikondisikan hanya mendengar, melihat dan mencatat. Hal ini menjadikan kurangnya kerjasama antara siswa sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan metode Team Game Tournament. (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan metode Team Game Tournament.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya (1) penggunaan metode Team Game Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Rata-rata klasikan motivasi belajar siswa siklus I adalah 79,24% dan siklus II adalah 86,40% (2) penggunaan metode Team Game Tournament di kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I 34,48% kemudian pada siklus II hasil belajar siswa adalah 93,11%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode Team Game Tournament dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VI SD Negeri 2 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah
Uncontrolled Keywords: Motivation, Team Game Tournamet Methods, Civics Education Motivasi Belajar, Metode Team Game Tournament, Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2022 15:32
Last Modified: 24 Mar 2022 15:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item