Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN (Suatu Kasus di Kecamatan Pontang Kabupaten Serang)

JAMILAH, MILAH (2016) TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN (Suatu Kasus di Kecamatan Pontang Kabupaten Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PERTANIANTINGKAT KEPUASAN PETAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Centres for Agriculture, Fisheries and Forestry (BP3K) is a counseling agency that is located at the sub-district level. The success of counseling BP3K Pontang sub-district, one of which can be seen from the quality of extension services provided to farmers auxiliaries. Whether it has been meeting the needs and interests of farmers in the region of surrogate or not. Purpose of this study was to identify the quality of agricultural extension services in the Pontang sub-district, and measure the level of satisfaction on service quality rice farmers in the Pontang sub-district agricultural extension. The research was conducted from May to August 2016, the survey method by sampling using purposive sampling of the entire population of rice farmers in the Pontang sub-district. Processing data using analysis of IPA (Importance Performance Analysis) and CSI (Customer Satisfaction Index). Results from the study showed that the quality of agricultural extension services BP3K Pontang sub-district has fulfilled the expectations rice farmers in the Pontang sub-district, and the satisfaction levels of rice farmers on the quality of agricultural extension services in the Pontang sub-district at the level of satisfaction.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMirajiani, Mirajiani197101051998022003
Thesis advisorAstuti, Andjar196005311986112001
Additional Information: Kualitas pelayanan penyuluh pertanian dapat dilihat dari sikap penyuluh dalam memahami kebutuhan dan kepentingan petani padi dalam suatu pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh penyuluh BP3K Kecamatan Pontang. Kurangnnya pemahaman penyuluh pertanian akan kebutuhan masayarakat tani di wilayah binaannya, menjadi salah satu penyebab enggannya petani untuk aktif dalam kegiatan penyuluhan. Apabila penyuluh sudah bisa memahami kebutuhan petani serta kegiatan penyuluhan dilaksanakan dengan baik dan benar, kontinu, dan konsisten maka diharapkan tingkat kepuasan petani juga akan tinggi yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan petani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan penyuluh pertanian di Kecamatan Pontang, dan untuk menganalisis tingkat kepuasan petani padi terhadap kualitas pelayanan penyuluh di Kecamatan Pontang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai, dengan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu Kecamatan Pontang dengan pertimbangan bahwa penelitian mengenai kepuasan petani padi di BP3K Kecamatan Pontang sejauh ini belum pernah dilaksanakan, serta terdapat dua penyuluh di BP3K Kecamatan Pontang yang mendapatkan penghargaan sebagai penyuluh teladan sekabupaten Serang pada tahun 2015 kemarin, selain itu kecamatan Pontang merupakan salah satu daerah yang mayoritas petaninya adalah petani padi. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengisian kuisioner oleh petani dan diskusi dengan penyuluh dan petani padi di Kecamatan Pontang. Sedangkan data sekunder berasal dari studi pustaka, internet, dan literatur instansi atau dinas terkait. Hasil analisis tingkat kesesuaian dari 32 atribut pelayanan penyuluh pertanian BP3K Kecamatan Pontang mengidentifikasikan bahwa hampir seluruh atribut kualitas pelayanan sudah mencapai nilai tingkat kesesuaian >100%, hal ini dapat diartikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh penyuluh pertanian yang ada di BP3K Kecamatan Pontang sudah memenuhi harapan petani padi di Kecamatan Pontang. Sedangkan untuk atribut yang nilai kesesuaiannya masih <100% menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan pada atribut tersebut masih belum memenuhi harapan petani padi di Kecamatan Pontang. Oleh karena itu penyuluh pertanian BP3K Kecamatan Pontang seyogyanya melakukan perbaikan terus menerus, mencari tahu keinginan petani serta meningkatkan kinerjanya agar harapan petani terpenuhi. Atribut yang memiliki tingkat kesesuaian yang paling tinggi yaitu atribut “penyuluh tetap akrab dengan petani diluar kegiatan penyuluhan” sebesar 105,32%, hal ini menunjukan bahwa kinerja penyuluh pada atribut tersebut sudah memenuhi harapan petani yaitu sudah memiliki nilai kesesuaian >100%. Sedangkan atribut yang memiliki nilai terendah pada rankinng yang dibuat adalah terdapat pada atribut “penyuluh memberikan peluang usaha dan permodalan” sebesar 91,73%, hal ini menunjukan bahwa kinerja penyuluh pada atribut tersebut belum memenuhi harapan petani akan tetapi sudah mendekati harapan karena nilai tingkat kesesuaian yang hampir mendekati 100%. Hasil analisis tingkat kepuasan diperoleh nilai CSI sebesar 79,85%. Nilai tersebut berada pada rentang skala 0,66-0,80 yang berarti secara umum petani padi yang ada di wilayah kerja BP3K Kecamatan Pontang telah merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyuluh pertanian yang ada di BP3K Kecamatan Pontang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan penyuluh pertanian BP3K Kecamatan Pontang sudah memenuhi harapan petani padi di Kecamatan Pontang, dan tingkat kepuasan petani padi terhadap kualitas pelayanan penyuluh pertanian di Kecamatan Pontang berada pada tingkat puas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penulis memberikan saran: Bagi penyuluh yang ada di BP3K Kecamatan Pontang agar terus melakukan evaluasi berkala dalam memberikan pelayanan kepada petani padi di Kecamatan Pontang, karna keinginan dan kebutuhan petani selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu; Bagi peneliti lain yang tertarik untuk mengadakan penelitian tentang kepuasan petani, dapat mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai kepuasan petani dilihat dari aspek lain selain dari kualitas pelayanan yang diberikan penyuluh pertanian.
Uncontrolled Keywords: CSI (Customer Satisfaction Index), farmer satisfaction, IPA (Importance Performance Analysis), quality of extension services
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2022 15:01
Last Modified: 24 Mar 2022 15:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item