Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL PADA SISWA KELAS IV SDN BUARAN BAMBU 5

Laela, Laela (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL PADA SISWA KELAS IV SDN BUARAN BAMBU 5. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

In gneral, this research aims to inprove the learning outcomes of student in learning through cooperative learning model of social studies technique to sending greetings and question in clas IV SDN Buaran Bambu 5. Whereas in particular, this study aims to describe the activity of students and students learning outcomes increase knowing in learning through cooperative learning model technique of social studies technique to sending greetings and question in clas IV SDN Buaran Bambu 5. This research was carried out by using PTK Kemmis method and Mc Taggart through planning, stages, action, observation, and reflection which consisted of two times. The instruments used in this studyis the student learning outcomes tests, observation sheet, and guidelines for the interview. Research result show than an increase in activity and student learning outcomes at each cycle. Students activity in cycle I gained 70,62% with the criteria of “Good (B)” and 88,37% in cycle II criteria “Very Good (A). Furthemore , the result of student learning on pre cycle obtained averange value of 62,97 with “enough (C)” and student learning completeness by 41,86% tehn in cycle I, student learning result obtained averange value with the predicate “Good (B)” by 67,67 and student learning completeness amounted to 67,44%. Next on cycle II , student learning results obtained averange value of 76,27 with the predicate “Good (B)” and student learning completeness by 88,37%. Based on teh results of the research, then the learning model cooperative technique to sending greetings and question can be used as an alternative in the learning of Social Studies that can be used in an effort to enhance student learning outcomes and activities

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarbini, Asnawi195207261981031003
Thesis advisorSuparno, Suparno19551028197931001
Additional Information: Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dikelas IV SDN Buaran Bambu 5. Sedangkan secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal di kelas IV SDN Buaran Bambu 5. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode PTK Kemmis dan MC Taggart melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang terdiri dari dua siklus dan diawali dengan tahapan pra siklus. Setiap siklus pada penelitian ini terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 70,62% dengan kriteria “Baik (B)” dan 87,32% pada siklus II dengan kriteria “Baik Sekali (A)”. Selanjutnya hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 62,97 dengan predikat “Cukup (C)” dan ketuntasan belajar siswa sebesar 41,86%. Kemudia pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,67 dengan predikat “Baik (B)” dan ketuntasan belajar siswa 67,44%. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,27 denga predikat “Baik (B)” dan ketuntasan belajar siswa 88,37%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS yang dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Uncontrolled Keywords: Keywords: Student learning outcomes, student activity, social studies learning, cooperative learning model technique sending greetings and question, PTK. Kata Kunci : hasil belajar siswa, aktivitas siswa, pembelajaran IPS, model pembelajaran kooperatif, teknik berkirim salam dan soal, PTK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2022 13:17
Last Modified: 24 Mar 2022 13:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10639

Actions (login required)

View Item View Item