Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING

RENITA, RENITA (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE DISCOVERY L.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

This research is motivated by a problem that the low learning outcomes and less student involvement in the learning process of science learning. This is because use of student learning method that uses monotoune lecture by teacher. Therefore, to solve these problems researchers will using method Discovery Learning. The subjects in this research is 31 student of class IV SDN Lambangsari, Serang regency. The research aims to improve science learning outcomes and to know activity of the student inscience learning. Method of this research using Class Action Research (CAR) of Kemmis & Mc Taggart model. This research was conducted for 2 cycle, which each cycle is cosist of 2 meets. The instrument used are tests, observations. The result of this research are learning outcomes and activites of student in science learning have increased. In the pre-cycle mastery learning students only 45,16%. Then in the first cycle mastery learning of the student increased to 58,06% and the percentage of students activity at the end cycle one is 61%. But on this first cycle hasn’t reached 80,64% of success indicators research. In the second cycle mastery learning of the student increased to 84%. This research concluded that learning by using method Discovery Learning to improve learning outcome and activity of the students.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorTaufik, Muhammad198309022009121004
Additional Information: Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan keterlibatan siswa yang kurang pada proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran monoton yang digunakan yaitu menggunakan metode ceramah oleh guru. Oleh karena itu, untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode Discovery Learning. Subyek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas IV SDN Lambangsari Kabupaten Serang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan mengetahui aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan, yaitu tes, observasi. Adapun hasil penelitian ini, yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa pada pelajaran IPA mengalami peningkatan. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa hanya 45,16%% kemudian pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 58,06% dan presentase aktivitas siswa pada akhir siklus I adalah 61%. Akan tetapi pada siklus 1 ini belum mencapai indikator keberhasilan penelitian adalah 75%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80,64% dan aktivitas siswa pada pada akhir siklus II pun mengalami peningkatan lagi menjadi 84%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Uncontrolled Keywords: method discovery learning, learning outcomes metode discovery learning, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2022 12:31
Last Modified: 24 Mar 2022 12:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item