Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Upaya MeningkatkanHasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Papan Buletin Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Bumi Waras

Alvani, Melvia (2014) Upaya MeningkatkanHasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Papan Buletin Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Bumi Waras. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BULETIN PADA MATA PELAJARAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This research is motivated by the presence of problem in the implementation of IPS learning in the classroom, in exsplaining social science material the learning process that takes place teachers do not to use instructional media, teacher only explain the material of the book so that students get bored quikly and less of understanding of material, inadequate infrastructure so low student learning outcomes. The purpose of this study is to determine improving student learning outcomes in learning IPS and to obtain data on student learning outcomes after the use of instructional media buletin board. Classroom action research was conducted in two cycles which took place in the 5th of September to 26 September. Each cycle consisted of planning the implementation of observation and reflection. Data collection techniques in study is observation of student activity, interview, and achievement test. Research results is increased activity of one cycle first meeting with a percentage of 60% and at the second meeting by 72%. The second cycle of the first meeting by 80% and the second meeting by 100%. Learning outcomes in cycle one the average value of the class 58,14 increase in cycle two in the amount of 81,27. Percentage of compliteness in cycle one is 34,5% or 10 students and the second cycle an increase that is 89,6% or 26 students. Thus been proven that learning IPS on the subject of tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam di Indonesia with using the media bulletin board may increase the activity and student learning outcomes grade V SDN Bumiwaras.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuparno, Suparno19551028197031001
Thesis advisorHendracipta, Nana19790109200501102
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas diantaranya, dalam menjelaskan materi pengetahuan sosial pada proses pembelajaran yang berlangsung guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru hanya menjelaskan materi dari buku sehingga siswa cepat bosan dan kurang memahami materi, sarana prasarana yang kurang memadai sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan untuk memperoleh data hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran papan bulletin. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang berlangsung pada tanggal 5 September sampai tanggal 26 September. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pengamatan aktivitas siswa, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yaitu peningkatan aktivitas siswa dari siklus I pertemuan pertama dengan persentase yaitu 60% dan pada pertemuan kedua sebesar 72%. Pada siklus II pertemuan pertama sebesar 80% dan pada pertemuan kedua sebesar 100%. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas 58,14 meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,27. Persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 34,5 % atau 10 siswa dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 89,6 % atau 26 siswa. Dengan demikian telah terbukti bahwa pembelajaran IPS pada pokok bahasan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan menggunakan media papan bulletin dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bumiwaras.
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Instructional Media Bulletin Board, IPS Hasil Belajar, Media Pembelajaran Papan Buletin, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2022 12:22
Last Modified: 24 Mar 2022 12:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item