Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROSES DAN PROSEDUR KLIRING PADA BANK SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SERANG TIMUR

EKA DARMAYANTI, FELLA (2015) PROSES DAN PROSEDUR KLIRING PADA BANK SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SERANG TIMUR. D3 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PROSES DAN PROSEDUR KLIRING PADA BANK SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SERANG TIMUR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study aims to determine how the implementation of the clearing process, how the clearing procedure at Bank Syariah Mandiri Branch Office East Serang whether it has been conducted in accordance with the system established by the clearing house. Because common tasks as clearing bank is to help smooth traffic demand deposits interbank payments. The method used is descriptive method, to explain and mendeskriptifkan discussion related to the title. The data used is to use two Primary and Secondary Data, data collection techniques using interview techniques directly to the banks, and study the literature. From the results of research related to the process and clearing procedures at Bank Syariah Mandiri Branch Office East Serang. In the process of clearing explained when one customer makes a bank wire transfer, which usually this process takes a long time if you use the clearing system. In explaining handover procedure is comprised of the activities of participants that includes receiving certificates, inspection and verification slips, report generation and clearing DKE both in hardcopy and softcopy, the provision of clearing stamp and signature of the competent authority in scrip to be submitted to the local clearing.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUSI MULYANI, ANA197511222005012001
Thesis advisorSURYANI, EMMA198106072008122002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kliring, bagaimana prosedur kliring pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Serang Timur apakah telah diselenggarakan sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan oleh lembaga kliring. Karena tugas bank umum sebagai peserta kliring adalah membantu kelancaran lalu lintas pembayaran giral antar bank. Metode yang digunakan adalah dengan metode deskriptif, untuk menjelaskan dan mendeskriptifkan pembahasan yang berkaitan dengan judul. Sumber data yang digunakan yaitu menggunakan dua data Primer dan Sekunder, teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara langsung kepada pihak bank, dan study pustaka. Dari hasil penelitian yang berkaitan dengan proses dan prosedur kliring pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Serang Timur. Dalam proses kliring menjelaskan ketika seseorang nasabah melakukan transfer antar bank, yang mana biasanya proses ini memakan waktu yang tidak sebentar jika menggunakan sistem kliring. Dalam prosedur menjelaskan penyerahan antara lain terdiri dari kegiatan peserta yang meliputi penerimaan warkat, pemeriksaan dan verivikasi warkat, pembuatan laporan dan DKE kliring baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, pemberian stempel kliring dan tanda tangan pejabat yang berwenang pada warkat untuk diserahkan kepada penyelenggara kliring lokal.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Process, Procedures, Clearing. Kata kunci: Proses, Prosedur, Kliring
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61406-Program Diploma III Keuangan Perbankan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2022 11:26
Last Modified: 24 Mar 2022 11:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item