WIDANINGRUM, KANTINA and Nugroho, Kandung Sapto and Stiawati, Titi (2018) EFEKTIVITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. DRADJAT PRAWIRANEGARA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (KANTINA WIDANINGRUM NIM. 6661112539)
EFEKTIVITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA KARTU JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RUMAH SAKIT - Copy.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
KANTINA WIDANINGRUM, 6661 112539. Skripsi 2018. Efektivitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I Kandung Sapto Nugroho, M.Si., Pembimbing II Titi Stiawati, M.Si. Fokus penelitian ini untuk melihat sejauhmana Efektivitas pelayanan di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara. Masalah dalam penelitian ini : 1). Waktu pelayanan yang kurang baik, 2). Kurangnya sarana prasarana ruang tunggu pasien, kurangnya fasilitas tempat menunggu nomor antrian 3). Pengunjung rumah sakit/Pasien yang merasa kurang adanya keramahan dan respon aktif dari petugas pelayanan; 4). Lahan parkir yang kurang memadai. Metode penelitian Deskriptif Kuantitatif. Teori yang digunakan dari Gibson dalam Makmur (2008:125): 1) Produktivitas; 2) Efisiensi; 3) Fleksibilitas; 4) Keunggulan; 5) Pengembangan; 6) Kepuasan. Nilai t hitung lebih kecil dari t tabel atau jatuh pada daerah penerimaan Ho (-25.65 < 1.660), maka Hipotesis Nol (H0) diterima dan Hipotesis Alternatif (Ha) ditolak. Hasil penelitian yaitu: Efektivitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara mencapai 44,16% dari hipotesis awal (H0) < 65%. Saran yaitu Melakukan evaluasi berkala terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara, Melaksanakan pengawasan yang ketat terhadap seluruh pegawai baik itu pegawai administrasi maupun tim medis, Meningkatkan sosialisasi kepada pasien Jaminan Kesehatan Nasional terkait prosedur pelayanan yang dilakukan, Meningkatkan kualitas pegawai dengan sering mengadakan bimbingan teknis terkait pelayanan, Memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | KANTINA WIDANINGRUM, 6661 112539. Thesis 2018. Effectiveness of Outpatient Patient Service Users of National Health Insurance Card at Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara. Public Administration Departement. Faculty of Social and Political Sciences. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 1st Advisor Kandung Sapto Nugroho, M.Si., 2nd Titi Stiawati, M.Si. This research is to see how far Effectiveness of service in hospitals dr. Dradjat Prawiranegara. The problems in this research : 1). Poor service time, 2). Lack of facilities for patient waiting room, 3). Visitors to the hospital / Patients who feel lack of friendliness and active response from service personnel; 4). Insufficient parking space. The research method Quantitative Descriptive. Using effectiveness indicators from Gibson in Makmur (2008: 125): 1) Productivity; 2) Efficiency; 3) Flexibility; 4) Excellence; 5) Development; 6) Satisfaction. The value of t arithmetic is smaller than t table or fall in the acceptance area of H0 (-25.65 <1.660), then the Hypothesis Zero (H0) is accepted and Alternative Hypothesis (Ha) is rejected. The results of the research are: Effectiveness of Outpatient Patient Service Users National Health Insurance Card at Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara reached 44.16% of the initial hypothesis (H0) <65%. The results of the research are: Effectiveness of Outpatient Patient Service Users National Health Insurance Card at Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara reached 44.16%. Suggestion is Conducting periodic evaluation on services provided by the Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara, Implementing strict supervision on all employees, both administrative staff and medical team, Increasing socialization to patient of National Health Insurance related to service procedure performed, Improving the quality of employees by frequently providing technical guidance related to services, Improving facilities and infrastructure that support services at the Regional General Hospital dr. Dradjat Prawiranegara. Keywords: Effectiveness, Public Service |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 07:45 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 07:45 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1059 |
Actions (login required)
View Item |