Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SALURAN PEMASARAN RAMBUTAN ACEH (Nephelium lappaceum L) (Suatu kasus di Kelurahan Gelam Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang - Banten )

Mustafa, Muhammad Dzahabie Sidqy (2016) SALURAN PEMASARAN RAMBUTAN ACEH (Nephelium lappaceum L) (Suatu kasus di Kelurahan Gelam Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang - Banten ). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
SALURAN PEMASARAN RAMBUTAN ACEH (NEPHELIUM LAPPACEUM L),,,,,,,.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This research function is to know about marketing channel rambutan aceh, to know the function of marketing institution rambutan aceh, to know the cost, margin, and advantage of each marketing institution and to know technic efficience and economic efficience for each other of marketing rambutan aceh. The result of this research is to show that have two shapes of marketing gutter of rambutan aceh in Gelam of Village Head.That is marketing channel one : Farmer Retail of Collecter Retail of Grocerer Consument. And to the marketing channel two : Farmer Retail of Grocerer Consument. The functions of marketing channel these are change function (seller and purchase), the physic function (saving and transport), and bragger function (risk, standarisation and information of market). In channel I, the cost that have spent by retailer of collecter is Rp. 92/kg, for it’s margin Rp. 400/kg and advantage that have gotten is Rp. 308/kg. For the cost that retail trader was spend until Rp. 25/kg, for it’s margin Rp. 1000/kg and the advantage that gained is Rp. 975/kg. At marketing gutter II, the cost that have spend by farmer is Rp. 58,3/kg, for margin is Rp. 0 and the advantage is Rp. 0. For retail trader the cost that have spend is Rp. 25/kg, for it’s margin Rp. 1.300/kg and advantage that have gotten is Rp. 1.275/kg. Technic efficience of channel I is Rp. 29,3 and channel II is Rp. 37,5. But in the economics efficience in channel I is Rp. 11 and channel II is Rp. 8,5. If considered between two marketing gutter that wiil be efficience from technic and economic is in channel one where technic efficience is 29,3 and economic efficience is 11.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, Suherman196702091999011001
Thesis advisorSumantri, Ari Tresna196709062001121001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran rambuatn aceh, mengetahui fungsi-fungsi lembaga pemasaran rambutan aceh, mengetahui biaya, margin, dan keuntungan masing-masing lembaga pemasaran serta untuk mengetahui efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis pada masing-masing bentuk saluran pemasaran rambutan aceh. Penelitian ini menggunakan metode survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sensus dan untuk lembaga-lembaga pemasarannya menggunakan metode snowball sampling. Data yang diperoleh menggunakan teknik pencatatan dan wawancara sertra didukung oleh kuisioner. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu dari data primer dan data sekunder. Data-data yang diperoleh dari responden diolah dan dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk saluran pemasaran rambutan aceh di Kelurahan Gelam yaitu saluran pemasaran I : Petani Pedagang Pengumpul Pedagang Pengecer Konsumen. Dan pada saluran pemasaran II : Petani Pedagang Pengecer Konsumen. Fungsi-fungsi lembaga pemasaran rambutan aceh meliputi fungsi pertukaran (penjualan dan pembelian), fungsi fisik (penyimpanan dan pengangkutan), dan fungsi pelancar (resiko, standarisasi dan informasi pasar). Pada saluran I, biaya yang dikeluarkan oleh pedagang pengumpul sebesar Rp. 92/kg, untuk marginnya Rp. 400/kg dan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 308/kg. Untuk pedagang pengecer biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 25/kg, untuk marginnya Rp. 1.000/kg dan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 975/kg. Pada saluran pemasaran II, biaya yang dikeluarkan petani sebesar Rp. 58,3/kg,marginnya Rp.0 dan keuntungan Rp.0. Untuk pedagang pengecer biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 25/kg, untuk marginnya Rp. 1.300/kg dan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 1.275/kg. Efisiensi teknis pada saluran I yaitu sebesar Rp. 29,3 dan pada saluran II sebesar Rp. 37,5. Sedangkan untuk efisiensi ekonomis pada saluran I sebesar Rp. 11 dan pada saluran II sebesar Rp. 8,5. Apabila dibandingkan antara kedua saluran pemasaran tersebut yang paling efisien dilihat dari segi teknis dan ekonomis terdapat pada saluran I yaitu dimana efisiensi teknis sebesar 29,3 dan efisiensi ekonomis sebesar 11.
Uncontrolled Keywords: Marketing Line, Rambutan Aceh
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Mar 2022 15:58
Last Modified: 23 Mar 2022 15:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item