Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA ANTARA MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG ( Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Karangtumaritis Kota Serang Tahun Ajaran 2015/2016 )

Dwi Handayani, Suci (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA ANTARA MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG ( Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Karangtumaritis Kota Serang Tahun Ajaran 2015/2016 ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Bumi dan Alam Semesta Antara Model Disco~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

This research attempts to know the difference of the results learning and activity students on subject’sscience class after using model discovery learning to their student’s grade 3 of public school Karangtumaritis. Research methodology used is the method quasi experiments, while design research used is non equivalent control group design. There are two classes in this research, namely and control groups experiment. The control group that is a student III-B consisting of 30 students given Direct Instruction and class experiment that is a student III-A consisting of 30 students given treatment use the model discovery learning. As for technique data collection was about the test results learn of posttest and nontest of sheets of observation activity students and documentation. Based on the research results show that there are significant differences between study results students who use learning model discovery learning with who uses direct learning, can be seen from ttest namely 3,99 > 2.0017, so Ha accepted and Ho were rejected.The result learning of students using a learning model of discovery learning is higher than students who use direct learning model, can be seen from ttest namely 4.86 ≥ 2.0017, so Ha accepted and Ho were rejected.Activity students experiment get result much as 86,6 % thus, students are actively involved on subject’s natural science class.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Thesis advisorJAMALUDIN, UJANG197708012005011002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah menggunakan model Pembelajaran discovery learning pada siswa kelas 3 SD Negeri Karangtumaritis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi ekpserimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen. Kelompok control yaitu siswa kelas III-B yang terdiri dari 30 siswa yang diberikan Pembelajaran langsung dan kelas eksperimen yaitu siswa kelas III-A yang terdiri dari 30 siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model Pembelajaran discovery learning. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes hasil belajar berupa posttest serta nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran discovery learning dengan yang menggunakan Pembelajaran langsug, dapat dilihat dari uji-t yaitu 3,99 > 2.0017, maka Ha diterima dan Hoditolak . Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, dapat dilihat dari uji-t yaitu4,86 > 2.0017, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Aktivitas siswa kelas eksperimen mendapat hasil sebesar 86,6% dengan demikian, siswa terlibat aktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.
Uncontrolled Keywords: Keywords: The Difference Learning Outcomes Science Class Elementary School ,Discovery Learning, Direct Instruction. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA SD, Model Pembelajaran Discovery Learning, Model Pembelajaran Langsung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Mar 2022 10:25
Last Modified: 23 Mar 2022 10:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item