Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Realitas Dramaturgi Penyanyi Dangdut Wanita Club Malam di Iguana Café & Karaoke Jakarta

Maulida, Noni (2015) Realitas Dramaturgi Penyanyi Dangdut Wanita Club Malam di Iguana Café & Karaoke Jakarta. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
REALITAS DRAMATURGI PENYANYI DANGDUT WANITA CLUB MALAM DI IGUANA CAFÉ & KARAOKE JAKARTA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Night club’s dangdut female singer are the main attraction. Sensuality is presented in the middle of the magnificent dazzling performances, making them a destination eyes of men. Action stage dangdut singer who performed earlier stage when they conceptualize it, as well as symbolic interaction performed by a dangdut singer at the moment on the stage. Contrast with the next stage, back stage dangdut singer dressed woman is without manipulation. This research approach is qualitative study of dramaturgy. Dramaturgy role dangdut singer who performed for the camouflage of the two sides of a different life. The results showed that dangdut singer women can play different roles in life, when he was on stage before them almost all portray the front stage well, ranging from imaging yourself how scantily clad, make-up redundant, and also they display sway to the rhythm music. They did it on purpose in order to be viewed as a dangdut singer professional. In contrast to the central stage, where they do regular exercise, there is an activity carried out and try different kinds of makeup, clothes, and mix and match wobble with songs that will bring. Then at this stage they also commit themselves or imaging process, so that the audience views in accordance with the expected. While on stage behind them show their original character through life as a housewife or self-employment as usual and grew on her behavior is the result and the way of socializing in the environment, both in his profession and outside the profession

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorF, Afrilla Naniek197704032003122001
Thesis advisorG, Rangga Galura198102212008121002
Additional Information: Penyanyi dangdut wanita di dunia malam saat ini memang menjadi daya tarik. Sensualitas yang disuguhkan mempesona di tengah megahnya pertunjukan, membuat mereka menjadi tujuan pandangan mata kaum lelaki. Aksi panggung penyanyi dangdut yang dilakukan saat pentas sebelumnya mereka pun mengkonsepnya, begitu juga dengan interaksi simbolik yang dilakukan oleh seorang penyanyi dangdut pada saat di atas panggung. Kontras dengan panggung depan, panggung belakang penyanyi dangdut wanita berpenampilan apa adanya tanpa di manipulasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi dramaturgi. Dramaturgi peran yang dilakukan penyanyi dangdut untuk berkamuflase dari dua sisi kehidupan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyanyi dangdut wanita dapat memainkan peran yang berbeda dalam kehidupannya, ketika berada dipanggung depan mereka hampir semuanya memerankan panggung depan dengan baik, mulai dari pencitraan diri cara berpakaian minim, make-up berlebihan, dan juga mereka menampilkan goyangan yang sesuai dengan irama musik. Mereka melakukan itu dengan sengaja agar di pandang sebagai penyanyi dangdut professional. Berbeda dengan panggung tengah, dimana mereka melakukan latihan rutin, ada aktivitas yang dilakukan dan mencoba berbagai macam tata rias, baju, dan memadupadankan goyangan dengan lagu yang akan di bawakan. Kemudian pada tahap ini juga mereka melakukan atau proses pencitraan diri, agar pandangan penonton sesuai dengan yang di harapkan. Sedangkan pada panggung belakang mereka menunjukan karakter asli mereka menjalani kehidupan seperti ibu rumah tangga atau wirausaha seperti biasanya dan perilaku yang tumbuh pada dirinya adalah hasil dan cara bersosialisasi di lingkungan, baik dalam profesi ia maupun diluar profesi.
Uncontrolled Keywords: Dramaturgy, female dangdut singer Dramaturgi, Penyanyi Dangdut Wanita
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Mar 2022 14:51
Last Modified: 22 Mar 2022 14:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item View Item