Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL TEBAK KATA DAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII MTS DARUL IRFAN SERANG

Desiana, Ulfah (2015) PENGARUH MODEL TEBAK KATA DAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII MTS DARUL IRFAN SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL TEBAK KATA DAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL MENULIS KARANGAN EKS.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

The background of this research is students usually borring and do not enthusiastic when they are following Indonesia lesson and the important of the student’s writting skill, especially exposition articles. So, the teachers have to be creative people in creating a comfortable condition in order the students do not feeling bore when they are studying Indonesia Lesson, namely by combining the lesson with the games. So the title of this research is “The influence of word guess and Course Review Horay (CRH) models toward Writting Result of Exposition Article of The First Grade Students of MTs Darul Irfan Serang.” The population of this research is the first grade C students as control class by using Word guess models and class D as experiment Class by using Course Review Horay (CRH) models. The methode of this research is Quantitative Experiment Method. The test in this research is writting test of exposition article, then the data is processed by statistic formulas. Based on the result of hypothesis test, it can be known that the value of thitung = 3,75 and t-table=1,717 can be seen that t-hitung > t-table so Ho is rejected and Ha is received so that can be resumed there was influence of writting result of Exposition articleby using Course Review Horay (CRH) models. Then with value of thitung=2,32 and t-tabel 1,717 can be seen that t-hitung > t-tabel so Ho is rejected and Ha is received that can be resumed there was influence of writting result of exposition article by using Word guess learning models. Then the result of posttest data hypothesis test control and experiment class through significance test with value t-hitung=-0,74191 and t-tabel = 1,717 can be seen that t-hitung > t-tabel, so Ho is rejected and Ha is received. That can be resumed there is the possitive different to the result of writting an exposition article betwen learning by using Course Review Horay (CRH) learning models than Word Guess learning models at the first grade students of MTS Darul Irfan Serang. Although there’s the different. So the better way is Course Review Horay (CRH) learning model

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMUHYIDIN, ASEP197604072001121002
Thesis advisorHILALIYAH, TATU196503182005012001
Additional Information: ntusias ketika mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dan pentingnya keterampilan menulis siswa terutama karangan eksposisi, oleh karena itu guru harus mulai kreatif dalam menciptakan suasana menyenangkan supaya siswa tidak merasa bosan ketika belajar bahasa Indonesia. Antara lain dengan cara memadukan model pembelajaran unsur permainan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, memberikan judul “Pengaruh Model Tebak Kata dan Model Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VII MTs Darul Irfan Serang.” Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model Tebak Kata dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Course Review Horay (CRH). Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Tes yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes uraian menulis karangan eksposisi, kemudian data-data tersebut diolah dengan rumus statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa dengan nilai thitung = 3,75 dan ttabel = 1,717 dapat dilihat bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterimasehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil menulis karangan eksposisi yang menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH). Selanjutnya dengan nilai thitung = 2,32 dan ttabel = 1,717 dapat dilihat bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterimasehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil menulis karangan eksposisi yang menggunakan Model Pembelajaran Tebak Kata. Kemudian hasil pengujian hipotesis data posttest kelas kontrol dan eksperimen melalui uji signifikansi dengan nilai thitung = -0,74191 dan ttabel = 1,717 dapat dilihat bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterimasehingga dapat disimpulkan Adanya perbedaan yang positif terhadap hasil menulis karangan eksposisi antara pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan menggunakan Model Pembelajaran Tebak Kata pada siswa di kelas VII MTs Darul Irfan Serang. Adapun adanya perbedaan tersebut, maka yang lebih baik adalah Model pembelajaran Course Review Horay (CRH).
Uncontrolled Keywords: Key words: Borring, Exposition Article, Games, Word Guess, Course Review Horay (CRH) Kata Kunci : Membosankan, Karangan Eksposisi, Unsur Permainan, Tebak Kata, Course Review Horay (CRH)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Mar 2022 13:58
Last Modified: 22 Mar 2022 13:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item