Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM BOTANI MENGGUNAKAN TEKNIK VERTIKULTUR (Pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan)

ROHMAH, SITI (2016) PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM BOTANI MENGGUNAKAN TEKNIK VERTIKULTUR (Pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

This research aim to know profile of student’s science process skills through botanical laboratory-based learning with verticulture techniques in plant growth and development concept. The study used descriptive method. This study was conducted in Madrasah Aliyah Nur El Ihsan Al-Falahiyah class XI IPA 1. The sampling technique use was random sampling. Research data conducted using science process skills test and observation sheet. Science proses skills of students as measured consist of six aspects such as observing, measuring, inferencing, classifying, predicting, and communicating. The result showed an average aspect of science process skills of student as measured using science process skills test was 73.53% and those included in good category. The average aspect science process skills of student as measured by the observation sheet was 75.77% included in the good category. Classifying is the aspect of science process skills which have higest point, that is 82.41% include in the excellen category. For the lowest aspect is predicting with the percentage of 58.33% is include in sufficienct category.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarianingsih, Pipit198408162008122004
Thesis advisorSari, Indah JuwitaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran berbasis laboratorium botani menggunakan teknik vertikultur pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nur El Ihsan Al-Falahiyah kelas XI IPA 1 semester II tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan tes keterampilan proses sains dan lembar observasi. Keterampilan proses sains siswa yang diukur terdiri dari enam aspek yaitu mengamati, mengukur, menyimpulkan, megklasifikasi, memprediksi, dan mengkomunikasikan. Hasil penelitian menunjukan, rata-rata aspek keterampilan proses sains siswa yang diukur dengan soal keterampilan proses sains adalah sebesar 73.53% termasuk dalam kategori baik. Adapun rata�rata aspek keterampilan proses sains siswa yang diukur dengan lembar observasi adalah sebesar 75.77% Keterampilan proses sains yang memiliki persentase paling tinggi adalah aspek mengklasifikasikan dengan nilai persentase sebesar 82.41% termasuk dalam kategori baik sekali dan aspek yang paling rendah adalah aspek memprediksi dengan nilai persentase sebesar 58.33% termasuk dalam kategori sedang.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains, Laboratorium botani, Pertumbuhan dan perkembangan, Tumbuhan, Vertikultur Science process skills, Botanical laboratory, Growth and development, Plant, Verticulture
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 16:01
Last Modified: 21 Mar 2022 16:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item