Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Ciruas Kec. Ciruas Kab. Serang Tahun Ajaran 2015/2016

MUTMAINAH, BADRIATUL (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Ciruas Kec. Ciruas Kab. Serang Tahun Ajaran 2015/2016. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (45MB)

Abstract

This reseaech aims to know the difference of the results learning students after using quantum teaching learning model. This Research used a quasi exsperiments while design research used is non equivalent control group design. As for the techniqueof this research is purposive sampling. The eksperiment that used a student V-A consisting 40 students given quantum teaching learning models and class kontrol that is V-B consisting 40 srtudents given treatment use the direct instruction. As for data collectiontekniques in this research is by using the instrument test result learn students and nontest is sheet of observation and documentation. Based on the research result show the average value of 80.38 experiment class and the control class is 73.00. As for data analysis using ����� on a significant � = 0,05 obtained �ℎ ��� = 3.163 with ������ = 1.940 or �ℎ ��� < ������ is 3.163 < 1.940. it can be concluded that there are significant difference in learn result of students who use Quantum Teaching model withDirect Instruction model on the subjects of social science.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHOSNAN, HOSNAN195511181982031002
Thesis advisorSUPARNO, SUPARNO195510281979031001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent kontrol group design. Adapun teknik pengaambilan sempel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampel yang digunakan yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, dan kelas V-C menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar peserta didik dan non tes berupa dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata nilai rata-rata kelas eksperimen 80.38 dan rata-rata kelas kontrol 73.00. Data postest tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak pada taraf signifikan � = 0,05 diperoleh �ℎ ��� = 3.163 dengan ������ = 1.940 atau �ℎ ��� < ������ yaitu 3.163 < 1.940. Berdasarkan analisis uji-t dua pihak tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Quantum Teaching Learning Model. Learning Result, Social Science Subject Kata kunci: Model pembelajaran Quantum Teaching. Hasil belajar peserta didik, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 15:39
Last Modified: 21 Mar 2022 15:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item