Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA UBKONSEP GOLONGAN DARAH PADA MANUSIA KELAS XI MIA SMAN 1 KRAMATWATU

ULIYAH, ELA (2015) PROFIL KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA UBKONSEP GOLONGAN DARAH PADA MANUSIA KELAS XI MIA SMAN 1 KRAMATWATU. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PROFIL KETERAMPILAN GENERIK SAINS (KGS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA S.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

The research purpose to describe the profile of generic science skills (KGS) SMAN 1 Kramatwatu through problem-based learning model learning on subconcepts blood type. The study involved 25 students of class XI MIA 1 SMAN 1 Kramatwatu. Variety KGS observed in this study is direct observation, symbolic language, causal, modeling and inference logic. The instrument used was the observation sheet and descriptions written test (10 questions). The result showed that the range of generic science skills that got the highest score is a range of logical inference is included in the excellent category and for a variety of direct observation, symbolic language, and modeling included in both categories, while the range of causality included in the category enough.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyachrurroji, A.197908162005011006
Thesis advisorDarifah, Siti198002082010122002
Additional Information: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan generik sains (KGS) siswa SMAN 1 Kramatwatu melalui model pembelajaran problem based learning pada subkonsep golongan darah. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Kramatwatu. Ragam KGS yang diamati pada penelitian ini yaitu pengamatan langsung, bahasa simbolik, sebab akibat, pemodelan dan inferensi logika. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis uraian (10 soal). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ragam keterampilan generik sains yang mendapat nilai tertinggi adalah ragam inferensi logika termasuk dalam kategori sangat baik dan untuk ragam pengamatan langsung, bahasa simbolik, dan pemodelan termasuk dalam kategori baik, sedangkan untuk ragam sebab akibat termasuk dalam kategori cukup.
Uncontrolled Keywords: generic science skills, problem based learning Keterampilan generik sains, Problem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 15:54
Last Modified: 21 Mar 2022 15:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10413

Actions (login required)

View Item View Item