Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIS DAN TIPE KEPRIBADIAN

LAKSANA, IHSAN WALIDIN (2015) PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIS DAN TIPE KEPRIBADIAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIS DN TIPE KEPRIBAD2.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar matematis dan tipe kepribadian merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan atau gambaran yang ada dalam diri siswa berdasarkan gaya belajar matematis dan tipe kepribadian pada kemampuan penalaran matematis. Subyek dalam penelitian ini adalah delapan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Banjarsari. Subyek dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama serta angket penggolongan gaya belajar matematis, angket penggolongan tipe kepribadian, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara sebagai instrumen pendukung. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa siswa mastery learning sudah mempunyai ide dalam melakukan manipulasi, menarik kesimpulan, memeriksa kesahihan, dan memberikan alasan atau bukti. Siswa self�expressive learning mampu melakukan manipulasi, menarik kesimpulan, dan memberikan alasan atau bukti, sedangkan tidak mampu memeriksa kesahihan. Siswa interpersonal learning tidak mampu melakukan manipulasi, menarik kesimpulan, dan memberikan alasan atau bukti karena terkendala dengan soal abstraksi, sedangkan mampu dalam memeriksa kesahihan karena menyukai masalah kehidupan nyata. Siswa understanding learning mampu dalam melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti, dan memeriksa kesahihan dengan mencari pola, sedangkan tidak mampu dalam menarik kesimpulan. Siswa guardian tidak mampu dalam melakukan manipulasi, menarik kesimpulan, dan memeriksa kesahihan, sedangkan mampu memberikan alasan atau bukti dengan jelas dan sistematis. Siswa artisan tidak mampu dalam melakukan manipulasi, dan memeriksa kesahihan karena cenderung tergesa-gesa dan tidak teliti, sedangkan mampu memberikan alasan atau bukti, dan menarik kesimpulan dengan cara berdiskusi. Siswa rational tidak mampu melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti, dan memeriksa kesahihan karena kurang ketelitian, sedangkan mampu menarik kesimpulan dengan logika. Siswa idealist mampu dalam menarik kesimpulan, dan memeriksa kesahihan, sedangkan tidak mampu melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti karena salah dalam memandang persoalan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorKhaerunnisa, Etika198803272014042001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran matematis, gaya belajar model mastery learning, self-expressive, learning interpersonal, dan learning understanding learning, kepribadian tipe guardian, artisan, rational, dan idealist
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 15:28
Last Modified: 21 Mar 2022 15:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item