Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIS DAN TIPE KEPRIBADIAN (Suatu Penelitian Deskriptif pada Siswa SMA)

Ekoputro, Yogo Arlingga (2015) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIS DAN TIPE KEPRIBADIAN (Suatu Penelitian Deskriptif pada Siswa SMA). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui gaya belajar matematis, tipe kepribadian, dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar mastery learning, interpersonal learning, self-expressive learning understanding learning dan tipe kepribadian guardian, artisan, rational, idealist. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang pada pokok bahasan barisan dan deret. Hasil analisis data menunjukkan, profil kemampuan matematis siswa berbeda-beda, baik dilihat dari gaya belajar matematisnya, maupun dilihat dari tipe kepribadiannya. Ditinjau dari gaya belajar matematisnya secara umum siswa Mastery Learning mengkomunikasikan idenya secara tahap demi tahap dan sistematis. Siswa Interpersonal Learning mengkomunikasikan idenya dengan bahasanya sendiri dan lebih sering meminta penjelasan kepada orang lain. Siswa Self-expressive Learning mengkomunikasikan idenya sesuai pemikirannya, tidak terpaku pada rumus atau aturan yang ada. Siswa Understanding Learning mengkomunikasikan idenya namun perlu memahaminya terlebih dahulu. Ditinjau dari tipe kepribadiannya secara umum siswa Guardian mengkomunikasikan idenya sesuai prosedur dan pantang menyerah untuk menemukan aturan menyelesaikan sebuah soal. Siswa Artisan mengkomunikasikan idenya menggunakan bahasa yang disusunnya sendiri dan cukup aktif ketika diberi pertanyaan secara lisan. Siswa Rational mengkomunikasikan idenya berdasarkan logika pemikirannya kemudian dikaitkan dengan aturan yang berlaku. Siswa Idealistmengkomunikasikan idenya secara sistematis dan bersikap acuh dengan sesuatu yang kurang penting.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorPamungkas, Aan SubhanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; gaya belajar matematis; tipe kepribadian
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 15:23
Last Modified: 21 Mar 2022 15:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item