HERLINA, RISMA (2015) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN Search, Solve, Create And Share (SSCS) PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 1 BAROS. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
This research was aimed to determine the students’ ability of creative thinking to the concept ecosystem used model Search, Solve, Create and Share (SSCS) in clas X SMAN 1 Baros. The method used in this research was descriptive method. The population used in this study were students of class X as much as three classes, there were class XA, XB and XC on odd semester SMAN 1 Baros on academic year of 2014-2015. The research sample were a class X A totaling 34 students. Determination of sample classes are conducted by purposive sampling. The data collection technique used about creative thinking skills, observation sheets, and product assessment rubric. The results showed the average yield students’ ability of creative thinking to the concept of ecosystem used model Search, Solve, Create and Share (SSCS) inclas X SMAN 1 Baros in get value on average reflect creative use test the discussion and a observation in every indicator of 74.75-81.5 is at the category of well unt/il very good, and the average yield of the product value poster class X equal 78.9 is the high category
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian inibertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa dengan penerapan model Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada konsep ekosistem kelas X SMAN 1 Baros. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 3 kelas yaitu kelas X A, X B dan X C pada semester ganjil SMAN 1 Baros Tahun pelajaran 2015-2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X A berjumlah 34 siswa. Penentuan sampel kelas dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi, dan rubrik penilaian produk. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa profil kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada konsep ekosistem di SMAN 1 Baros yaitu diperoleh nilai rata-rata berfikir kreatif menggunakan tes uraian dan lembar observasi pada setiap indikator sebesar 74.75-81.5 berada pada kategori baik sampai sangat baik, dan nilai rata-rata berpikir kreatif pembuatan produk diperoleh nilai sebesar 78.92 tergolong dalam kategori tinggi. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kreatif, model Search, Solve, Create and Share (SSCS), media poster creative thinking skills , model Search, Solve, Create and Share (SSCS), media of poster | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2022 15:06 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2022 15:06 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10399 |
Actions (login required)
View Item |