Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Penelitian Kualitatif Siswa Kelas VII pada Materi Transformasi)

KUSNANTO, ALDHIN (2016) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Penelitian Kualitatif Siswa Kelas VII pada Materi Transformasi). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (FULLTESK).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan 3 subyek siswa kelas VII SMP Nusantara 1 Kota Tangerang berdasarkan gaya belajarnya. Teknik tes dan wawancara digunakan untuk mengukur dan deskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan indikator fluency, flexibility, originality dan elaboration. Hasil penelitian adalah subjek dengan tipe gaya belajar visual berada pada TBKM 2 (Cukup Kreatif) karena hanya memenuhi aspek fluency, dan flexibility, subjek dengan tipe gaya belajar auditorial berada pada TBKM 2 (Cukup Kreatif) karena hanya memenuhi aspek flexibility dan originality, subjek subjek dengan tipe gaya belajar kinestetik berada pada TKBM 3 (Kreatif). Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa tipe gaya belajar auditorial yang memenuhi indicator fluency, originality dan elaboration. Hasil penelitian ini menunjukan siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorIskandar, Khairida197512062005012001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif matematis, gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 14:58
Last Modified: 21 Mar 2022 14:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item