Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS VII SMP MUHJAIRIN TAHUN AJARAN 2013/2014

HARYANI, ANI (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS VII SMP MUHJAIRIN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS VII SMP MUHJAIRIN TAHU.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa SMP dalam menulis puisi, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; pengaruh penggunaan model Mind Map dan Konvensional terhadap pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhajirin dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Dengan demikian jumlah sampel keseluruhan 48 siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) Keterampilan menulis puisi yang menggunakan model mind mapping memberikan pengaruh pada siswa kelas VII A SMP Muhajirin Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes, yakni nilai tertinggi tes yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 95. Sedangkan nilai terkecil adalah 60. Adapun nilai rata-rata tes di kelas eksperimen adalah 76, 25. (2) Keterampilan menulis puisi yang tidak menggunakan model mind mapping tidak memberikan pada siswa kelas VII B SMP Muhajirin Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes, yakni nilai tertinggi tes yang diperoleh siswa di kelas kontrol adalah 80. Sedangkan nilai terkecil adalah 55. Adapun nilai rata-rata tes di kelas kontrol adalah 68,25. (3) Model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa VII SMP Muhajirin Tahun Ajaran 2013/2014, walaupun pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata- rata pada kelas eksperimen sebesar 76,25 sedangkan pada kelas kontrol adalah 68,25. Perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tidak terlalu jauh, yaitu sebesar 8. Untuk perbedaan rentang nilai dari kedua kelas pun hanya lima (5). Standar KKm untuyk pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhajirin yaitu sebesar 75. Sesuai dengan standar KKM yang sudah ditentukan, kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping sudah memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata sebesar 76,25. Untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan model mind mapping belum memenuhi nilai KKM, karena nilai rata-ratanya sebesar 68,25.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRUSDI SYARIF, CHUSSAERY195212122003121001
Thesis advisorHERWAN, HERWAN197306142003121001
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa SMP dalam menulis puisi, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; pengaruh penggunaan model Mind Map dan Konvensional terhadap pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhajirin dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Dengan demikian jumlah sampel keseluruhan 48 siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) Keterampilan menulis puisi yang menggunakan model mind mapping memberikan pengaruh pada siswa kelas VII A SMP Muhajirin Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes, yakni nilai tertinggi tes yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 95. Sedangkan nilai terkecil adalah 60. Adapun nilai rata-rata tes di kelas eksperimen adalah 76, 25. (2) Keterampilan menulis puisi yang tidak menggunakan model mind mapping tidak memberikan pada siswa kelas VII B SMP Muhajirin Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes, yakni nilai tertinggi tes yang diperoleh siswa di kelas kontrol adalah 80. Sedangkan nilai terkecil adalah 55. Adapun nilai rata-rata tes di kelas kontrol adalah 68,25. (3) Model pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa VII SMP Muhajirin Tahun Ajaran 2013/2014, walaupun pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata- rata pada kelas eksperimen sebesar 76,25 sedangkan pada kelas kontrol adalah 68,25. Perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tidak terlalu jauh, yaitu sebesar 8. Untuk perbedaan rentang nilai dari kedua kelas pun hanya lima (5). Standar KKm untuyk pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhajirin yaitu sebesar 75. Sesuai dengan standar KKM yang sudah ditentukan, kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping sudah memenuhi nilai KKM dengan nilai rata-rata sebesar 76,25. Untuk kelas kontrol yang tidak menggunakan model mind mapping belum memenuhi nilai KKM, karena nilai rata-ratanya sebesar 68,25
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 14:41
Last Modified: 21 Mar 2022 14:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item