Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MODIFIKASI BROWNIS MOCAF (Modified Casava Flour) (Studi Kasus di Alun-alun Serang)

KHARISMA, D. YUGA (2015) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MODIFIKASI BROWNIS MOCAF (Modified Casava Flour) (Studi Kasus di Alun-alun Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MODIFIKASI BROWNIS MOCAF (MODIFIED CASAVA FLOUR).PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The purpose of the research is to find out consumer’s preference to mocaf brownies. The method used in the research is survey method. The location of the research is assigned purposively, i.e. in Alun-Alun Kota Serang. The data used are primer and secondary data. The primary data used is the tabulation result data which is obtained from a questionnaire. While the secondary data is obtained from an institution, books, or internet. The data analysis used is organoleptic test by using Likert scale, then it is analyzed by using Multidimensional Scaling (MDS) through SPSS 21.0 program. Based on the results, it can be concluded that Brownies A has superiority on aroma attributes (3.50) and texture attributes (3.48), while the brownies C has the superiority on color (3.48) and flavor (3.50). In this case that the brownies A and C preferred by the panelists than the brownies B and D.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMulyati, Sri196107102003122001
Thesis advisorGunawan, Gugun196211102000121001
Additional Information: Ketahanan pangan merupakan pilar utama yang menopang ketahanan ekonomi dan ketahanan nasional yang berkesinambungan. Tepung mocaf dapat dijadikan salah satu alternatif pemanfaatan sumber pangan lokal untuk membantu program ketahanan pangan. Walaupun tidak dikenal dibanding tepung terigu, namun fungsi tepung mocaf perlu mendapatkan perhatian. Produk olahan dari tepung mocaf dapat menjadi salah satu alternatif industri rumah tangga. Salah satu produk yang akan dikembangkan sebagai industri rumah tangga adalah brownis. Untuk melihat preferensi konsumen yang merupakan kecenderungan seseorang dalam mengkonsumsi atau menggunakan barang atau jasa sehingga kebutuhan konsumen terpenuhi yang pada akhirnya konsumen memilih pada satu produk tertentu dari berbagai macam produk yang sejenis. Preferensi konsumen dapat terbentuk dari faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen yang dilihat dari atribut-atribut seperti warna, rasa, aroma, dan tekstur. Melalui atribut inilah perilaku konsumen dapat dilihat dan kepuasan konsumen dapat terpenuhi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan Brownis A memiliki keunggulan untuk atribut aroma (3,50) dan atribut tekstur (3,48), sedangkan brownis C memiliki keunggulan untuk warna (3,48) dan rasa (3,50). Hal ini menunjukan bahwa brownis A dan C lebih disukai panelis dari pada brownis B dan brownis D.
Uncontrolled Keywords: Preference, Consumer, Mocaf , Brownies
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Mar 2022 14:21
Last Modified: 30 Mar 2022 22:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item